Enam helikopter yang ada melaksanakan dua tugas yaitu patroli guna melihat secara langsung titik apabila terjadi kebakaran
Pekanbaru (ANTARA) - Enam helikopter Lapangan Udara Roesmin Nurjadin (RSN) Pekanbaru, Provinsi Riau disiagakan untuk patroli dan "water bombing" terkait penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang marak beberapa waktu belakangan.

Komandan Lanud RSN Pekanbaru Marsma TNI Mohammad Nurdin, Sabtu, di Pekanbaru menyebutkan sebagai satuan tugas udara dalam penanganan karhutla, pihaknya mengedepankan langkah antisipatif.

Ia menjelaskan enam helikopter yang ada melaksanakan dua tugas yaitu patroli guna melihat secara langsung titik apabila terjadi kebakaran.

"Kedua, juga untuk 'water bombing', menyiram api apabila sudah terkonfirmasi lahan tersebut memang membutuhkan pemadaman melalui udara," katanya.

Pihaknya mengedepankan langkah antisipatif. Sebab berdasarkan pengalamannya, memadamkan api lebih sulit dibandingkan mengidentifikasi titik api.

"Kita berharap cara ini dapat efektif dan menjamin karhutla bisa kita hindari, khususnya di daerah Riau," katanya.

Selain itu upaya teknologi modifikasi cuaca menjadi salah satu pilihan yang dianggap paling efektif untuk fase mitigasi.

"Kita harap mekanisme dapat berjalan dan bisa menghasilkan teknologi modifikasi cuaca segera apabila diperlukan," katanya.

Ia menambahkan saat ini dalam satu bulan terakhir titik api terbanyak diketahui berada di Rokan Hulu, Rokan Hilir dan Bengkalis. Selama periode 1 Januari sampai 10 Juli 2023 area hutan dan lahan yang terbakar di wilayah Provinsi Riau lebih dari 818 hektare menurut data pemerintah provinsi.

Area hutan dan lahan yang terbakar selama periode itu tersebar di Bengkalis (337,48 ha), Dumai (100,57 ha), Indragiri Hilir (47,57 ha), Indragiri Hulu (24,80 ha), Kampar (46,99 ha), Meranti (12,75 ha), Kuantan Singingi (2 ha), Pelalawan (37,18 ha), Rokan Hilir (135,5 ha), Rokan Hulu (35,5 ha), Siak (22,35 ha), dan Pekanbaru (18,5 ha), demikian Mohammad Nurdin.

Baca juga: BPBD Riau ajukan tambahan helikopter water boombing padamkan karhutla

Baca juga: BNPB kerahkan helikopter untuk pengeboman air atasi karhutla di Riau

Baca juga: Riau dapat tambahan sokongan helikopter untuk pantau karhutla

Baca juga: Tiga helikopter dikerahkan untuk atasi kebakaran hutan-lahan di Riau

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Annisa Firdausi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023