Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau mendapat tambahan sokongan satu helikopter dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memantau kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya.

"Dengan penambahan satu unit helikopter patroli tersebut maka total ada tiga unit helikopter patroli karhutla yang siaga di Provinsi Riau," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau M Edy Afrizal di Kota Pekanbaru, Selasa.

Ia menambahkan, satu dari tiga helikopter yang disiagakan untuk mendukung kegiatan patroli pemantauan karhutla merupakan bantuan dai Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Selain mendapat sokongan helikopter untuk patroli, Edy mengatakan, Riau mendapat bantuan tiga helikopter untuk operasi pengeboman air dari BNPB.

Dukungan tiga helikopter untuk patroli dan tiga helikopter untuk pengeboman air, menurut dia, memudahkan satuan tugas memantau dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Riau.

"Terima kasih kepada pemerintah pusat melalui BNPB dan KLHK yang memberikan dukungan penuh terhadap upaya pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran di Riau," katanya.

Edy menyampaikan bahwa bantuan helikopter sudah digunakan untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir, dan Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis.

Baca juga:
Tiga helikopter dikerahkan untuk atasi kebakaran hutan-lahan di Riau
Riau berupaya menekan risiko kebakaran hutan dan lahan

Pewarta: Frislidia
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023