Jayapura (ANTARA) - Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan bantuan seribu ekor babi kepada masyarakat di Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua Pegunungan.

Koordinator pembagian ternak, Lepianus Kogoya dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Minggu, mengatakan pemberian bantuan ternak babi sebagai bagian untuk merealisasikan salah satu program Kementerian Sosial (Kemensos) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.

Baca juga: Satgas Damai Cartenz kirim bantuan bibit babi untuk warga Yahukimo

"Kami berharap warga yang menerima bantuan babi dapat dipelihara, sehingga bisa berkembang dan dijual untuk pemenuhan ekonomi keluarga," katanya.

Menurut Kogoya, ternak babi tersebut diberikan kepada dua kelompok di Kabupaten Mamberamo Tengah dimana masing-masing kelompok mendapatkan 500 ekor.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kemensos yang telah memberikan bantuan bagi warga, ini adalah terobosan yang luar biasa dan kami harap program ini bisa berlanjut," ujarnya.

Dia menjelaskan dalam pemberian bantuan ternak babi, Kemensos bekerja sama dengan Gereja Injili Di Indonesia (GIDI) yang akan melanjutkan untuk pembagian kepada 500 warga yang menerima.

Pihaknya berharap setelah menerima bantuan ternak babi, warga bisa membuatkan kandang khusus untuk pemeliharaan.

Baca juga: Pemprov Papua bangun Rumah Pemotongan Babi demi kesehatan konsumen

Baca juga: Penderita cacing pita babi banyak ditemukan di Papua


"Sehingga, ke depan jika bisa dikembangkan dengan baik,  itu sangat bermanfaat terutama untuk membantu biaya pendidikan anak, karena harga babi di Papua memang cukup tinggi," katanya.

Pemberian bantuan seribu ternak babi kepada warga di Kabupaten Mamberamo Tengah berlangsung pada Selasa, 25 Juli 2023.

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023