Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan penghargaan kepada 20 perusahaan dan lembaga pemerintah yang secara konsisten memberikan ruang bagi penyandang disabilitas untuk bekerja.

“Tidak usah ragu menerima penyandang disabilitas. Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” kata dia dalam acara graduasi keluarga penerima manfaat (KPM) yang tergabung dalam Program Pahlawan Ekonomi Nasional (PENA) 2023 di Jakarta, Sabtu.

Banyaknya perusahaan yang mempekerjakan penyandang disabilitas, kata dia, tidak lepas dari pemberdayaan yang dilakukan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) melalui sentra-sentra yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Para penyandang disabilitas ini dilatih sesuai dengan minat dan bakat mereka,” ujarnya.

Kemensos telah menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan untuk memastikan pekerjaan bagi penyandang disabilitas sesuai dengan kompetensi mereka dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Dia mengatakan perusahaan tidak hanya melakukan seleksi secara adil sesuai dengan standar perusahaan, tetapi juga menekankan bahwa penyerapan penyandang disabilitas bukan atas dasar kasihan, melainkan karena kompetensi mereka dan kebutuhan perusahaan.

Meskipun penyandang disabilitas sering dianggap memiliki keterbatasan, katanya, sebenarnya tidak dapat disederhanakan hanya sebagai individu dengan kekurangan, melainkan sebagai individu yang pasti memiliki kelebihan dan potensi yang dapat ditemukan serta dikembangkan.

"Tuhan memberikan sesuatu ada kekurangan tetapi pasti seseorang itu ada kelebihannya. Tugas kita mencari dan mengembangkan kelebihan itu," kata Risma.

Baca juga: Menko PMK: Penyandang disabilitas berhak kerja di instansi pemerintah
Baca juga: Khofifah tekankan pembangunan inklusif bagi penyandang disabilitas
Baca juga: Kementerian PPN: Banyak praktik baik bagi penyandang disabilitas


Pewarta: Rivan Awal Lingga
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023