Dari seminggu lalu, tim kami sudah berkeliling ke tempat-tempat yang baik di Pulau Bali untuk memohon agar acara ini berjalan dengan sukses
Denpasar (ANTARA News) - Dewan Pimpinan Daerah (DPP) Partai Demokrat Bali mengaku sudah melaksanakan ritual khusus sesuai adat daerah setempat untuk mempersiapkan Kongres Luar Biasa (KLB) agar dapat berjalan lancar dan damai.

"Dari seminggu lalu, tim kami sudah berkeliling ke tempat-tempat yang baik di Pulau Bali untuk memohon agar acara ini berjalan dengan sukses," kata Ketua DPD Partai Demokrat Bali, Made Mudarta, di Denpasar, Jumat.

Berbagai tempat suci di lingkungan Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, sebagai tempat digelarnya KLB juga sudah dipersembahkan sesajian, termasuk pada salah satu kamar yang dikeramatkan di hotel tertinggi di Bali itu.

"Hotel ini juga bersejarah, hotel ini tingginya di atas pohon kelapa dan dibangun ketika era Presiden Soekarno," ujarnya.

Menurut Mudarta, pelaksanaan KLB Partai Demokrat digelar di hotel tersebut tidak terlepas telah menjadi bukti sejarah Kongres Demokrat yang digelar pertama pada 2005.

"Demokrat terbukti sukses pada pemilu 2009 dengan perolehan puncak. Mudah-mudahan kongres kali ini juga dapat berjalan lancar," katanya.

Pihaknya memprediksi pelaksanaan KLB hanya akan berlangsung satu hari pada 30 Maret 2013 saja mengingat menguatnya dukungan pada Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono untuk menjadi Ketua Umum.

Demokrat Bali, jelas dia, sudah membulatkan dukungan pada Susilo Bambang Yudhoyono untuk menjadi Ketua Umum karena waktu menuju Pemilu Legislatif 2014 sudah sangat dekat.

Menurutnya, SBY perlu "turun gunung" untuk memenangkan partai. Walaupun demikian, siapapun yang akan diputuskan dalam KLB tetap harus dihormati.

"Memang pada jadwal tertulis sampai 31 Maret, itu hanya untuk antisipasi ketika pembahasan materi-materi menjadi alot," katanya sembari berharap KLB dapat berjalan dengan suasana damai, santun, dan teduh sesuai dengan asas musyawarah mufakat.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013