Memang masih ada beberapa indikator yang harus diperbaiki di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) yang membidangi
Kudus (ANTARA) - Bupati Kudus, Jawa Tengah, Hartopo menyatakan optimistis daerah itu  bisa meraih penghargaan kabupaten/kota sehat  karena sebagian besar persyaratan sudah bisa dipenuhi dari beberapa indikator penilaian,

"Memang masih ada beberapa indikator yang harus diperbaiki di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) yang membidangi. Kami masih mendapatkan kesempatan memperbaiki selama dua hari," katanya ditemui usai mengikuti rapat koordinasi kabupaten/kota sehat di Command Center Dinas Kominfo Kudus, Senin.

Berdasarkan hasil koreksi dari tim verifikator, kata dia, perbaikan yang harus segera dilakukan, yakni terkait rambu lalu lintas jalan raya, penurunan tingkat kematian ibu dan anak, inovasi di bidang pariwisata serta kasus perkawinan dini.

Baca juga: Wamenkes: Inovasi diperlukan untuk mencapai Indonesia sehat

Untuk menjadi kabupaten/kota sehat, kata dia, Kabupaten Kudus memang harus kerja keras memenuhi sembilan indikator penilaian, meliputi tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, tatanan pemukiman dan fasilitas umum, tatanan satuan pendidikan, tatanan pasar, tatanan pariwisata, tatanan transportasi dan tertib lalu lintas jalan,

Indikator lainnya, terkait tatanan perkantoran perindustrian, tatanan perlindungan sosial, dan tatanan pencegahan dan penanganan bencana.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kudus Revlisianto Subekti menambahkan dari sembilan tatanan yang dinilai lengkap terkait kebencanaan yang berhasil dipenuhi semua persyaratannya oleh BPBD Kudus, sedangkan tatanan lainnya masih ada koreksi dan harus dilengkapi.

Baca juga: Wali Kota targetkan Banda Aceh jadi kota sehat di Indonesia

Meskipun demikian, dia optimistis, Kabupaten Kudus tahun ini bisa meraih predikat kabupaten/kota sehat, karena berdasarkan verifikasi mandiri sudah mencapai angka 79 lebih, sehingga bisa mendapatkan predikat kota sehat dengan tingkatan Swasti Saba Papada.

"Kalaupun koreksi dan kekurangan bisa dipenuhi semua, maka harapan kami bisa mencapai ke tingkatan lebih tinggi lagi, yakni Swasti Saba Wiwerda," ujarnya.

Ia mengungkapkan penghargaan kabupaten/kota sehat (Swasti Saba) merupakan penghargaan yang diserahkan kepada kabupaten/kota yang memenuhi kriteria sehat dengan tiga tingkatan yakni Papada, Wiwerda dan Wistara.

Baca juga: Sidrap raih ketiga kalinya penghargaan Swasti Saba Wistara

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023