Masih banyak rumah tidak layak huni di Aceh Besar, masalah ini akan terus kami perjuangkan secara maksimal
Banda Aceh (ANTARA) - Anggota DPR RI asal Aceh Irmawan menyerahkan bantuan rehabilitasi rumah stimulan perumahan swadaya kepada 200 Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Montasik, Kabupaten Aceh Besar, masing-masing Rp20 juta per rumah.

"Sudah menjadi kewajiban saya untuk terus memberikan pengabdian kepada masyarakat Aceh," kata Anggota Komisi V DPR RI Irmawan, di Banda Aceh, Senin.

Untuk diketahui Irmawan tahun ini mengusulkan bantuan rehab rumah untuk 2.000 masyarakat kurang mampu di Aceh dan sudah terealisasi mencapai 1.500 penerima yang tersebar di Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Barat Daya, Subulussalam, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, dan Gayo Lues.

Selain bantuan rehab rumah, dalam kesempatan itu Irmawan ikut menyerahkan bantuan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) atau pembangunan irigasi tersier  kepada petani di Kecamatan Lhoong, Aceh Besar. Selain itu juga ke petani di Montasik dan Indrapuri, Aceh Besar.

Di Aceh Besar, kata Irmawan, masih banyak masyarakat berpenghasilan rendah dan rumah mereka tidak layak huni yang kondisinya memprihatinkan. Rumah tersebut beratap dan berdinding pelepah rumbia.

Baca juga: Menteri PUPR: Masyarakat MBR harus bisa miliki rumah layak huni

"Masih banyak rumah tidak layak huni di Aceh Besar, masalah ini akan terus kami perjuangkan secara maksimal," ujarnya.

Ia berharap masyarakat yang belum menerima bantuan tahun ini bersabar, karena masih terus diperjuangkan agar bantuan selanjutnya terus bertambah.

Irmawan menyampaikan pengabdian tersebut merupakan cita-cita ditanamkan dalam dirinya saat terpilih sebagai wakil rakyat ke nasional. "Hidup saya terusik ketika melihat masih ada petani kita kesulitan air saat musim tanam tiba, distribusi air persawahan masih belum merata karena belum adanya irigasi permanen," katanya. 

Dalam kesempatan itu tokoh masyarakat Montasik, Sanusi, mengucapkan terima kasih atas bantuan untuk petani dan fakir miskin di Aceh Besar.

"Selama ini kita melihat secara nyata, beberapa bulan lalu beliau (Irmawan) baru saja menyerahkan mesin pengering padi untuk petani Montasik dan hari ini bantuan rumah rehab," ucapnya.

Baca juga: Anggota DPR mendukung program strategis bantuan stimulan rumah
Baca juga: Legislator: Program rumah subsidi harus dipastikan layak huni

 

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023