fase pemulangan jemaah haji Aceh tahun ini telah selesai
Banda Aceh (ANTARA) - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) menyebut seluruh peserta haji Aceh pada 2023 sudah kembali ke Tanah Air dengan total sebanyak 4.550 orang, yang tergabung dalam 12 kelompok terbang (kloter).

Ketua PPIH Embarkasi Aceh Azhari, Senin, mengatakan kepulangan seluruh jamaah haji Aceh tersebut menyusul kedatangan sebanyak 254  haji dari kloter 12 di daerah Tanah Rencong itu.

“Alhamdulillah, fase pemulangan jemaah haji Aceh tahun ini telah selesai,” kata Azhari di Banda Aceh.

Jamaah haji Aceh kloter BTJ-12 tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh Besar pada Senin (31/7) sekitar pukul 11.15 WIB.

Baca juga: Debarkasi Solo masih menyisakan kedatangan haji 14 kloter
Baca juga: 245 haji kouta tambahan Embarkasi Banjarmasin tiba di Tanah Air


Sebelumnya, kata Azhari, jamaah kloter 12 yang berangkat ke Madinah sebanyak 258 orang, namun enam orang di antaranya sudah kembali lebih dulu bersama kloter lain.

Selain itu ada dua peserta haji yang sebelumnya ditunda kepulangan karena harus menjalani perawatan medis, juga ikut pulang bersama kloter 12.

Sehingga, lanjut dia, jamaah haji dalam kloter ini terdiri dari 103 orang laki-laki dan 151 orang perempuan yang berasal dari seluruh kabupaten/kota di Aceh, selain Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Tenggara, Gayo Lues dan Kota Sabang.

“Kita sudah menerima kepulangan 4.550 haji dari Arab Saudi, masing-masing 4.296 orang kita dari Jeddah dan 254 orang dari Madinah," kata Azhari.

Baca juga: Jamaah haji Kloter 22 tiba di Medan
Baca juga: Jamaah haji Kloter 8 asal NTB tiba di kampung halaman


Pada tahun ini, PPIH Embarkasi Aceh memberangkatkan sebanyak 4.561 orang haji. Namun, hanya 4.550 orang yang kembali ke Tanah Air.

“Ada 13 orang yang meninggal dunia di Arab Saudi dan juga ada dua orang yang mutasi masuk dari embarkasi lain dan pulang melalui embarkasi Aceh,” ujarnya.
​​​​
Dalam proses pemulangan jamaah haji, kata dia, Bandara SIM Aceh Besar menerima kedatangan sebanyak 4.296 orang haji dari Bandara King Abdul Aziz (JED), Jeddah.

Sementara sisanya, 254 orang dipulangkan melalui Bandara Prince Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah.

Baca juga: BPKH-Komisi VIII DPR sosialisasi pengelolaan keuangan haji di NTB
Baca juga: Menag sebut jumlah peserta haji wafat tahun ini tertinggi sejak 2017
Baca juga: Menag siapkan kejutan bagi petugas haji berdedikasi tinggi

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023