Jakarta (ANTARA) - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mempersiapkan kejutan berupa penghargaan atas kinerja petugas haji 2023 yang berdedikasi tinggi selama bertugas melayani jamaah haji di Tanah Suci.

"Kami akan berikan penghargaan-penghargaan kepada petugas haji. Namun, sementara ini masih rahasia dulu, apa itu? Nanti," kata Yaqut Cholil Qoumas usai menyambut kedatangan petugas haji di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis.

Yaqut mengatakan penghargaan itu sebagai wujud terima kasih atas kinerja petugas haji yang telah melampaui ekspektasi Kemenag.

Salah satu bentuk penilaian yang dilakukan Yaqut didasari atas apresiasi jamaah haji yang disampaikan secara langsung kepada dirinya melalui sambungan telepon maupun pesan singkat WhatsApp (WA).

Baca juga: PPIH apresiasi kepatuhan jamaah pada aturan penerbangan perihal bawaan

"Saya juga mendengar dan mendapatkan telepon, WA dari jamaah yang mengapresiasi petugas," katanya.

Menag Yaqut juga telah menemui jamaah haji yang baru pulang dari Tanah Suci untuk mendengarkan cerita mereka atas kinerja petugas.

"Petugas telah bekerja keras melayani, mereka (jamaah haji) sampai terharu nangis-nangis cerita ke saya, memang luar biasa. Itu patut diapresiasi," ujarnya.

Menyusul berakhirnya masa operasional haji di Makkah, secara bertahap Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia dipulangkan ke Tanah Air.

Baca juga: Kemenag bakal berikan sertifikat haji bagi peserta haji tahun ini

Hari ini, sebanyak 440 petugas haji yang ditempatkan di Daerah Kerja (Daker) Makkah tiba di Tanah Air.

Menag Yaqut menyambut kedatangan petugas haji di Bandara Soekarno Hatta, dan menyampaikan rasa bangga dengan dedikasi yang sudah mereka berikan.

"Pagi ini saya baru saja menyambut kedatangan 282 petugas haji. Nanti sore, akan tiba lagi sebanyak 158 petugas," ujarnya.

Berdasarkan evaluasi, kata Yaqut, para petugas haji bukan saja telah bertugas dengan baik, bahkan kinerja mereka telah melebihi ekspektasi atau harapan yang diinginkan pemerintah.

Baca juga: Timwas Haji DPR ungkap sejumlah evaluasi pelaksanaan haji 2023

"Para petugas telah bekerja melebihi ekspektasi yang kami buat. Mereka betul luar biasa. Bagaimana mereka sampai gendong peserta haji, memandikan, menggantikan popoknya yang mungkin di rumah mereka tidak sempat lakukan itu kepada orang tuanya," kata dia.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023