Jakarta (ANTARA) - Bintang tim nasional Arab Saudi Talal Haji memecahkan rekor sebagai pemain termuda sepanjang sejarah penyelenggaraan Piala Asia atau AFC Asian Cup.

Talal Haji yang menjalani debut di usia 16 tahun 131 hari itu memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh pemain Suriah Munaf Ramadan yang tercatat sebagai pemain termuda sepanjang penyelenggaraan turnamen sepak bola terbesar antarnegara di benua Asia tersebut.

"Saya tidak bisa menggambarkan perasaan saya dipanggil ke tim nasional dan mendapatkan kesempatan untuk bermain di Piala Asia AFC. Saya berharap tahap selanjutnya akan lebih baik bagi saya dan tim," kata Talal Haji dikutip dari laman resmi AFC, Sabtu.

Penyerang klub Al-Ittihad tersebut masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-64 menggantikan Abdullah Radif saat The Falcons melakoni laga pamungkas di Grup F melawan Thailand, Kamis (25/1).

"Berada bersama dengan tim yang punya pemain hebat dan berpengalaman di tim nasional telah membantu saya belajar dan berkembang. Kami berharap bisa memenangkan gelar Piala Asia AFC," ujar Talal Haji.

Baca juga: Setengah lusin senjata pasukan Indonesia menghadang Australia

Sebelumnya Talal Haji juga tercatat sebagai pemain termuda di Liga Arab Saudi saat melakoni debut bersama Al-Ittihad di usia 16 tahun 5 hari.

Selain itu Talal Haji menunjukkan penampilan impresif bersama timnas Arab Saudi U-17 dengan mencetak 10 gol dari 11 pertandingan sehingga pelatih Arab Saudi Roberto Mancini pun kepincut dan memboyongnya bersama dengan skuad senior menuju Qatar.

"Talal adalah pemain yang sangat muda dan dia memiliki kemampuan hebat. Saya pikir bersama kami akan memberinya pengalaman hebat dan saya berharap dia mendapat kesempatan untuk memainkan lebih banyak pertandingan dengan kami di sini," ujar Mancini.

Talal berkesempatan untuk menunjukkan penampilannya lagi kala Arab Saudi bersua Korea Selatan di babak 16 besar Piala Asia 2023 yang akan berlangsung Senin (29/1).

Baca juga: Perpanjangan kontrak STY akan diputuskan setelah Piala Asia U-23 2024
Baca juga: Ridho ingin perbaiki kesalahan dari penampilan sebelumnya

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024