kami terus mengecek tiap hari progres betonisasi
Sidoarjo (ANTARA) - Pemkab Sidoarjo Jawa Timur terus menggenjot pelaksanaan betonisasi di Tropodo 1 Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo salah satunya dilakukan pada saat malam hari.
 
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor di Sidoarjo Senin mengatakan saat ini betonisasi jalan sepanjang 930 meter dan lebar 4 meter tersebut masih dalam tahap rigid beton (perkerasan jalan beton).
 
"Proyek betonisasi Tropodo I hingga larut malam itu untuk mengejar pekerjaan agar rampung tepat waktu. Mengingat jalan akses desa Tropodo tersebut cukup padat sehari-harinya," tuturnya.
 
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengatakan, dalam upaya meningkatkan daya tahan dan kualitas jalan, proyek betonisasi di beberapa ruas jalan di Kabupaten Sidoarjo terus dipantau progresnya untuk selesai sesuai target.
 
"Kami terus mengecek tiap hari progres betonisasi beberapa ruas jalan, sebagai contoh saat ini betonisasi jalan Desa Tropodo 1 Kecamatan Waru yang sudah masuk ke tahap rigid beton," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Sidoarjo kebut sembilan ruas proyek betonisasi
Baca juga: Betonisasi jalan menuju Exit Tol Gresik-Surabaya dimulai 12 Juli 2023
 
Gus Muhdlor mengimbau kepada masyarakat agar turut mematuhi peraturan pengalihan arus lalin dan tidak merusak palang imbauan penutupan jalan.
 
"Kami mohon maaf pada proses rigid beton jalan akan kami tutup dan mohon kerja sama serta dukungan masyarakat jika proses rigid beton yang masih belum bisa dilewati, untuk tidak memaksa melewati dan merusak untuk menjaga kualitas jalan yang nantinya akan kita nikmati bersama," katanya.
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Alam Dwi Eko Saptono mengungkapkan tahap pengecoran rigid merupakan langkah krusial dalam proses pembangunan, di mana beton akan diperkuat dengan menggunakan serat atau tulangan baja guna memastikan struktur yang kuat dan tahan lama.
 
"Setelah kemarin selesai tahap U-Ditch, kemudian pengecoran pondasi lapis bawah selanjutnya masuk beberapa ruas sudah memasuki tahap rigid beton," katanya.

Baca juga: Pemkot Semarang sebut betonisasi Pasar Penggaron perlancar perdagangan
Baca juga: Gubernur Sulsel: Ruas Burung-burung - Bili-Bili tahap betonisasi
Baca juga: Betonisasi jalan berhasil diwujudkan dalam TMMD di Boyolali-Jateng

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023