Sudah mulai diatasi pada Kamis sore dan Jumat (27 dan 28 Juli 2023). Saya apresiasi langkah cepat Pertamina
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung mengingatkan masyarakat untuk menghindari "panic buying" atau pembelian secara banyak karena kekhawatiran terhadap kelangkaan bahan bakar gas elpiji 3 kg.

Setelah melakukan peninjauan ke Kota Medan, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu, lanjut Martin di Jakarta, Senin, didapati bahwa ketersediaan bahan bakar bersubsidi tersebut aman, meskipun sebelumnya sempat terjadi kelangkaan.

“Sudah mulai diatasi pada Kamis sore dan Jumat (27 dan 28 Juli 2023). Saya apresiasi langkah cepat Pertamina,” kata Martin.

Oleh karena itu, menurut dia, perlu dilakukan edukasi kepada masyarakat, untuk menghindari "panic buying" terutama pada saat "peak season". Seperti juga kali ini, bahwa kelangkaan gas melon pun terjadi setelah Idul Adha beberapa waktu lalu.

Baca juga: Anggota DPR sebut ada WNA beli elpiji bersubsidi di Bali

Baca juga: DPR apresiasi Pertamina amankan stok elpiji subsidi di Babel


Selain itu, legislator tersebut juga menyatakan pentingnya penegakan hukum untuk para begal elpiji subsidi, yakni adalah orang-orang yang mengoplos gas elpiji subsidi.

"Untuk itu, Komisi VI DPR RI mendukung Pertamina untuk mengambil langkah tegas bersama penegak hukum," ujarnya.

Pada kesempatan itu Martin juga meminta agar Pertamina terus menyempurnakan sistem elektronik untuk suplai gas Elpiji, yakni dari Pertamina, SPBE, Agen, dan Pangkalan sehingga stok selalu termonitor dan jika terjadi kekurangan dapat segera diisi.

"Sistem elektronik ini kemudian dilanjutkan untuk pembelian gas Elpiji subsidi oleh para penerima yang berhak dan telah terdaftar," katanya.

Dia juga meminta agar keberadaan pangkalan sebagai lini akhir pembelian bahan bakar gas bersubsidi tersebut, harus terus ditambah, khususnya pangkalan-pangkalan kecil harus diperbanyak sehingga seluruh lini penjualan masuk ke dalam sistem.

Baca juga: Ketua Komisi VI DPR apresiasi Pertamina antisipasi kelangkaan elpiji

Baca juga: Dirut Pertamina pantau penyaluran elpiji 3 kg di seluruh wilayah RI

 

Pewarta: Subagyo
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023