Riyadh (ANTARA) - Menteri Investasi Arab Saudi, Khalid Al-Falih memimpin delegasi tingkat tinggi yang terdiri atas perwakilan lembaga pemerintah, perusahaan nasional dan sektor swasta, dalam kunjungan resmi ke tujuh negara Amerika Latin pada periode 31 Juli-9 Agustus.

Laporan resmi menyebutkan bahwa kunjungan itu akan membawa delegasi Saudi ke Brazil, Chile, Kosta Rika, Argentina, Panama, Paraguay, dan Uruguay.

Kunjungan itu bertujuan memperkuat hubungan investasi, mengkaji kemitraan strategis yang ada antara Kerajaan Arab Saudi dengan negara-negara Amerika Latin, serta menyoroti kesempatan berkualitas dan belum pernah terjadi sebelumnya yang dimiliki secara melimpah dalam berbagai bidang negara kerajaan tersebut.

Pada bagian pertama kunjungan, Al-Falih dijadwalkan membuka Forum Investasi Brazil-Saudi pada Senin di tengah kehadiran para pejabat senior kedua negara.

Selain itu, beberapa pejabat dan CEO perusahaan besar serta perwakilan sektor swasta dari dua negara akan berpartisipasi dalam forum itu untuk meningkatkan hubungan investasi di berbagai bidang.

Forum itu akan memperbarui kesempatan dan lingkungan investasi di Kerajaan Arab Saudi dan Republik Federasi Brazil, termasuk sesi diskusi sejumlah topik yang bertujuan memperkuat hubungan investasi dalam beragam bidang dengan kepentingan yang sama, termasuk kesempatan investasi dalam pertambangan, pengolahan pangan, pertanian, transportasi dan logistik, layanan kesehatan, hiburan, serta farmasi dan bioteknologi.

Kemudian, forum tersebut akan menyoroti kemungkinan kemitraan di antara investor kedua negara, dengan partisipasi perwakilan lembaga pemerintah, sektor swasta, serta perusahaan besar Saudi dan Brazil.

Selama kunjungan ke enam negara Amerika Latin lainnya, Menteri Investasi dan anggota delegasi juga dijadwalkan menggelar banyak rapat dan pertemuan dengan perusahaan-perusahaan guna menjajaki peluang untuk memperkuat dan memperdalam kemitraan investasi.

Kunjungan itu datang sebagai perpanjangan dari lawatan sebelumnya yang dilakukan Kementerian Investasi ke sejumlah negara di Karibia dan Amerika Selatan dengan tujuan meningkatkan hubungan investasi dengan kawasan tersebut, serta keinginan Kerajaan untuk membangun jembatan komunikasi dengan berbagai negara di dunia.

Sumber: Saudi Press Agency
Baca juga: Pemimpin Arab dan Amerika Selatan selenggarakan KTT di Arab Saudi
Baca juga: Arab Saudi gelontarkan dana ratusan juta dolar untuk industri film
​​​​​​​

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023