Jakarta (ANTARA) - Atase Pertahanan (Athan) China di Indonesia Kolonel Xu Sheng mengatakan bahwa hubungan militer antara China dan Indonesia telah memberikan sumbangsih penting bagi keamanan dan stabilitas di kawasan.

Dalam acara peringatan 96 tahun berdirinya Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) di Jakarta, Senin, Xu menyampaikan bahwa kerja sama militer antara China dan Indonesia di bidang latihan gabungan, pelatihan personel, serta teknologi dan peralatan militer secara konsisten telah membuahkan hasil positif.

"Saya yakin ... hubungan bilateral dan hubungan militer antara kedua negara pasti akan terus berkembang mencapai level baru, dan berkontribusi lebih besar dalam memelihara perdamaian global dan regional serta mendorong kemakmuran bersama," ucap Xu.

Dia menambahkan bahwa hubungan militer kedua negara dalam beberapa tahun terakhir ini juga menunjukkan perkembangan positif.

Pada November tahun lalu, misalnya, kapal rumah sakit "Peace Ark" Angkatan Laut China melakukan kunjungan persahabatan ke Jakarta dan memberikan layanan medis gratis.

Pada Juni lalu, dua kapal perang Angkatan Laut China berpartisipasi dalam Latihan Angkatan Laut Multilateral Komodo 2023 di Indonesia.

Pada pekan lalu, delegasi pengajar dari Universitas Pertahanan Nasional China yang beranggotakan lebih dari 50 perwira senior PLA telah menyelesaikan kunjungannya di Indonesia.

Xu menambahkan bahwa kunjungan Presiden Joko Widodo ke China baru-baru ini juga makin menunjukkan bahwa kedua negara telah menjalin hubungan tingkat tinggi yang semakin erat, yang dapat meningkatkan rasa saling percaya dan memperkuat komunikasi dan kerja sama dalam urusan internasional.

Senada dengan Xu, Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan mengatakan bahwa hubungan Indonesia dan China terus berkembang pada berbagai bidang, seperti politik, ekonomi, budaya, pendidikan, kesehatan, serta diplomasi dan kerja sama pertahanan.

Baca juga: Kapal rumah sakit China "Peace Ark" bertolak menuju Indonesia
Baca juga: Atase militer 12 negara kumpul di Beijing nikmati kuliner Bali
Baca juga: Menhan Prabowo, Menhan China bahas peningkatan kerja sama militer

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023