Jakarta (ANTARA) - Peristiwa penting dan menarik terjadi di Jakarta, Senin (31/7) mulai dari peresmian proyek Codetan Ciliwung yang diinisiasi Jokowi pada 2012 untuk atasi banjir hingga persiapan rangkaian KTT ASEAN 2023.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Heru: Sodetan Ciliwung inisiasi Jokowi pada 2012 untuk atasi banjir

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan proyek sodetan Kali Ciliwung merupakan inisiasi Presiden Joko Widodo pada 2012 saat menjabat sebagai Gubernur DKI untuk mengatasi banjir di Ibu Kota.

"Kami sedikit sampaikan bahwa ini adalah inisiasi pada tahun 2012 saat Pak Presiden menjadi Gubernur DKI Jakarta," kata Heru dalam sambutan peresmian Sodetan Ciliwung di Inlet Sodetan Ciliwung Jatinegara, Jakarta Timur, Senin.

Baca berita selengkapnya di sini


2. Pemprov DKI fokus normalisasi Ciliwung di tiga wilayah pada 2024

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta fokus menyelesaikan pembebasan lahan di tiga wilayah di sepanjang proyek normalisasi Kali Ciliwung agar selesai pada 2024.

"Pokoknya kita sampai 2024 fokus dulu di Cililitan, Rawajati, sama Cawang," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Ika Agustin Ningrum di Sodetan Ciliwung, Jakarta Timur, Senin.

Baca berita selengkapnya di
sini


3. Insentif pengendalian inflasi dari pemerintah untuk DKI Rp11,67 miliar

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima insentif Rp11,677 miliar dari pemerintah pusat untuk kinerja daerah dalam pengendalian inflasi pada periode pertama Tahun Anggaran 2023.

"Insentif fiskal ini bisa dimanfaatkan untuk mendanai kegiatan yang berkaitan dengan masyarakat, mendukung pengendalian inflasi, penurunan stunting, peningkatan investasi dan penghapusan kemiskinan ekstrem," ujar Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono di Jakarta, Senin.

Baca berita selengkapnya di
sini


4. Pemprov DKI rampungkan persiapan MGMAC dan AMF 2023

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan telah merampungkan persiapan kegiatan yang menjadi rangkaian KTT ASEAN yakni pertemuan para gubernur dan wali kota atau Meeting of Governors and Mayors of ASEAN Capitals (MGMAC) dan ASEAN Mayors Forum (AMF) 2023, pada 1-2 Agustus di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

"Untuk kenyamanan delegasi saat bermobilitas di Jakarta, telah dilakukan pembangunan dan pemeliharaan serta beautifikasi di sepanjang jalur MGMAC-AMF," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono di Jakarta, Senin.

Baca berita selengkapnya di
sini


5. Audit kasus stunting jadi agenda prioritas Pemkot Jaksel

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) mengaudit kasus stunting atau tengkes tahun 2023 sebagai salah satu kegiatan prioritas untuk menurunkan angka stunting di wilayah Jakarta Selatan.

"Audit kasus stunting merupakan salah satu kegiatan prioritas sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional nomor 12 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Angka Stunting Indonesia Tahun 2021-2024, " kata Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan Ali Murthadho saat membuka kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Gelatik Utama Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Senin.

Baca berita selengkapnya di sini
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023