Jakarta (ANTARA) - Grup idola Jepang Cho Tokimeki Sendenbu atau Tokisen mengungkapkan kesan mereka tentang Jakarta kala berkesempatan menginjakkan kaki di ibu kota Indonesia itu untuk menemui para penggemar mereka pada akhir pekan lalu. 

"Awalnya panas, tapi, dibanding Jepang, lebih sejuk di Indonesia," kata Hitoka Sakai, yang dikenal sebagai red member Cho Tokimeki Sendenbu, dalam wawancara di Jakarta pada Jumat (28/7). 

Sementara itu, pemimpin grup Cho Tokimeki Sendenbu Kanami Tsujino (blue member) mengaku kaget melihat banyak mobil dan motor yang lalu lalang di sepanjang jalan-jalan yang dia lewati.  Tak hanya soal cuaca dan kondisi jalanan, para pelantun "Suki! ~ Cho ver ~" itu juga mencicipi sejumlah kuliner lokal seperti bakso, mi goreng, hingga sambal dan memuji rasanya. 

"Kami sudah mencoba bakso, mi goreng, nasi goreng, kue sus cokelat. Semuanya enak. Sambal, pedas, tapi enak," kata Cho Tokimeki Sendenbu.

Baca juga: Grup idola Jepang Cho Tokimeki Sendenbu icip rendang hingga batagor

Ini bukan kali pertama para personel Tokisen mencicipi kuliner Indonesia. Setahun lalu Cho Tokimeki Sendenbu sudah mencoba berbagai hidangan seperti rendang, batagor, mi goreng, nasi goreng dan salah satu produk minuman kemasan dari Indonesia. 

Cho Tokimeki Sendenbu lalu mengunggah video keseruan menjajal makanan Indonesia termasuk fakta tentang makanan Indonesia mana saja yang paling disukai para personel ke laman YouTube mereka. 

Selain tentang makanan, Tokisen juga mengungkapkan kata dalam Bahasa Indonesia yang sudah mereka pelajari yakni "Terima kasih", "Selamat malam", "Dadah", "Aku cinta kamu", "Gaskeun" dan "Enak". 

"Demi penggemar Indonesia, kami mempelajari beberapa kata Bahasa Indonesia," ujar Julia Ann (purple member). 

Hitoka Sakai mengakui dia dan timnya mungkin belum bisa berbahasa Indonesia, namun, mereka ingin melakukan yang terbaik untuk bisa menyampaikan banyak perasaan cinta mereka atau disebut tokimeki dalam Bahasa Jepang, pada para penggemar. 

Berbicara tentang penggemar Indonesia, Cho Tokimeki Sendenbu mengenali mereka melalui komentar yang ditinggalkan di media sosial. Haruka Koizumi (pink member) dan Kanami Tsujino menuturkan komentar-komentar ini biasanya ditulis salah satunya setelah Tokisen menggelar konser. 

Hiyori Yoshikawa (green member) berpendapat melalui komentar itulah mereka merasa terhubung dengan penggemar dari Indonesia. 

"Kami hanya promosi di Jepang, tapi, kami kaget saat menerima banyak komentar dari penggemar di Indonesia. Merasa terhubung juga karena penggemar Indonesia suka ngetag kami di media sosial," kata Hiyori Yoshikawa menjelaskan.

Baca juga: Pari Pari terpukau dengan keramahan hingga kuliner Indonesia

Tokisen mengatakan penggemar mereka saat ini sudah beragam dari latar belakang usia, gender serta asal negara. 

Cho Tokimeki Sendenbu berencana meluncurkan single baru berjudul "Kawaii Memorial" pada 27 September 2023. Lagu itu berkisah tentang seseorang yang bimbang antara merasa jatuh cinta atau tidak. 

Haruka Koizumi menggambarkan kata kawaii (imut-imut)seperti energi yang bisa dibagikan kepada orang lain agar mereka bisa merasa bahagia dan kawaii itu pujian terbaik. 

Hitoka Sakai menambahkan, dia dan grupnya berharap dapat memberikan penampilan terbaik melalui senyuman. Senyuman, sambung Aki Suda (lemon member) merupakan salah satu kunci agar sehat dan bahagia. 

Cho Tokimeki Sendenbu menjadi salah satu penampil dalam festival musik Jepang Impactnation Japan Festival 2023 yang berlangsung pada 28 -29 Juli di Istora Senayan, Jakarta, acara yang turut diramaikan oleh band rock Jepang Kana Boon dan Flow. 

Cho Tokimeki Sendenbu tampil selama kurang lebih satu jam dengan penampilan energik membawakan sejumlah lagu populer seperti "Suki! ~ Cho ver ~". Lagu yang dirilis tahun 2021 itu sempat viral di TikTok, diputar lebih dari 2,7 miliar kali di seluruh dunia, masuk peringkat pertama tangga lagu mingguan TikTok Korea dan Top 50 Spotify Indonesia. 

"Suki! ~ Cho ver ~" juga digunakan sebagai lagu latar konten video di media sosial oleh Jerome Polin, Haruka Nagawa, idola K-pop Wonho, grup k-pop ATEEZ, ITZY dan LE SSERAFIM. 

Sebelum tampil di hadapan para penggemar Indonesia, Tokisen sempat melakukan serangkaian kolaborasi dengan para musisi dan selebgram Indonesia antara lain Anneth, JKT48, Un1ty, Jerome Poline dan V1rst, sebagai bagian dari tur promosi grup di Indonesia.

Baca juga: Impactnation Japan Festival 2023 siap digelar di GBK Senayan

Baca juga: Intip resolusi yang ingin dicapai BE:FIRST di tahun 2023

Baca juga: One Ok Rock umumkan konser hari kedua di Indonesia 30 September 2023

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023