Jayapura (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Yonif 125/ Simbisa mengajarkan cara membaca, menulis dan berhitung(calistung)  anak-anak Sekolah Dasar Negeri (SDN), Kampung Wogikel, Distrik Ilwayab, Kabupaten Merauke, Papua Selatan.

Komandan Pos Wanam, Letda Inf Kokoh Dwi Handoko dalam keterangan di Jayapura, Selasa, mengatakan memberikan  calistung pada anak-anak SD sebagai upaya mencerdaskan generasi muda, anak bangsa di wilayah tugas TNI.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan  salah satu cara menjalin komunikasi sosial (komsos) pada lingkungan setempat.

Menurut Dwi, berdasarkan informasi bahwa sekolah SDN Ilwayab kekurangan tenaga pendidik sehingga kegiatan calistung oleh tim Satgas ini sudah rutin dilakukan setiap harinya.

“Kami lakukan untuk membantu pihak sekolah yang kurang tenaga pendidiknya. Kami biasanya mengajarkan anak-anak tentang pengetahuan wawasan kebangsaan dan calistung bagi siswa-siswi yang masih kurang dalam hal itu,” ujarnya.

Dia menjelaskan pada tingkatan sekolah dasar calistung merupakan hal yang wajib dipahami dan dimengerti oleh para siswa-siswi tersebut, karena dengan begitu ke depan mendorong anak-anak untuk memiliki kesiapan dalam menghadapi kegiatan pembelajaran tahap selanjutnya.

“Pada proses pembelajaran tersebut kami juga memberikan beberapa kegiatan agar anak-anak tidak merasa bosan saat belajar,” katanya lagi.

Dia menambahkan dengan ikut membantu pemerintah dalam mencerdaskan generasi muda pihaknya berharap ke depan anak-anak Papua Selatan dapat menjadi pemimpin yang lebih baik sehingga dapat membawa Indonesia lebih maju.

“Karena anak-anak tersebut merupakan generasi emas Papua,” ujarnya lagi.

Baca juga: Satgas Yonif 125 tumbuhkan minat baca anak Papua Selatan
Baca juga: Prajurit Satgas Pamtas 125/Si'mbisa bangun jalan di Kampung Toray
Baca juga: Satgas Pamtas Yonif 125/Si'mbisa bagi bingkisan Natal anak perbatasan


Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023