pembangunan kota yang berkelanjutan akan mendukung tujuan kita bersama
Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan pembangunan kota berkelanjutan patut mendapat dukungan karena bisa memperkuat pertumbuhan ekonomi.
 
"Kami percaya bahwa pembangunan kota yang berkelanjutan akan mendukung tujuan kita bersama memperkuat posisi ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan untuk kemakmuran rakyat ASEAN dan dunia," kata Heru dalam sambutan acara Meeting of Governors and Mayors of ASEAN Capitals (MGMAC) dan ASEAN Mayors Forum 2023 di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Selasa.
 
Heru menyebut selaku pemerintah kota dan daerah di Asia Tenggara, DKI Jakarta memiliki tujuan yang sama untuk mendukung keberlanjutan relevansi ASEAN dalam merespons tantangan kawasan dan global.
 
Dalam rangkaian MGMAC-AMF 2023 yang berlangsung pada 1-2 Agustus 2023 ini, kata Heru, para kepala daerah dapat menyalurkan aspirasinya untuk mendukung perwujudan visi komunitas pada ASEAN 2025.
 
Adapun tema MGMAC-AMF 2023 di Jakarta yakni "Catalysing Regional Growth through Sustainable Development in ASEAN Cities" (Katalisasi Pertumbuhan Regional melalui Pembangunan Berkelanjutan di Kota-kota ASEAN).
 
"Kita berbagi ide, pengalaman, praktik terbaik, serta bekerja sama mendukung pembangunan kota yang berkelanjutan," ucap Heru.
 
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat menerima tamu dalam acara Meeting of Governors and Mayors of ASEAN Capitals (MGMAC) dan ASEAN Mayors Forum 2023 di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Selasa (1/8/2023). ANTARA/Siti Nurhaliza
Heru menyebut ada lima isu prioritas yang dibahas antara lain pertumbuhan ekonomi inklusif, transformasi digital, kota berketahanan dan aksi iklim, lokalisasi tujuan pembangunan berkelanjutan, dan tata kelola dan peningkatan kerja sama.
 
MGMAC dan AMF ini dihadiri lebih dari 500 peserta, meliputi Gubernur dan Wali Kota Negara ASEAN, perwakilan asosiasi pemerintah daerah negara anggota ASEAN, Komunitas Perwakilan Tetap (Community Permanent Representative) ASEAN, mitra kerja sama (partners), dan badan multilateral lainnya.
 
Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono mengatakan  dengan adanya MGMAC-AMF dapat menjadi kesempatan bagi Jakarta untuk menunjukkan wajah kota yang terus tumbuh dan berkembang sebagai bagian dari kota-kota global di kawasan ASEAN.
 
Heru tiba di lokasi sekitar pukul 08.50 WIB didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Joko Agus Setyono.
 
Heru berdiri di depan  backdrop (layar latar) untuk menyambut delegasi dari berbagai negara dengan menjabat tangan para tamu satu persatu.
Baca juga: Satpol PP perkuat personel jaga pertemuan gubernur dan wali kota ASEAN
Baca juga: Pemprov DKI rampungkan persiapan MGMAC dan AMF 2023
Baca juga: Indonesia perkuat peran di ASEAN guna pemerataan ekonomi

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023