Beijing (ANTARA) - Perencana ekonomi terkemuka China pada Selasa meluncurkan serangkaian langkah terperinci termasuk pengurangan pajak dan memotong birokrasi untuk meningkatkan ekonomi swasta setelah pedoman umum dirilis bulan lalu.

Langkah-langkah mulai dari akses pasar yang adil hingga dukungan keuangan yang lebih kuat dan layanan pemerintah yang lebih baik dirancang untuk mengatasi masalah utama yang dihadapi perusahaan swasta dan meningkatkan kepercayaan mereka, menurut pemberitahuan dari Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (NDRC) dan beberapa lembaga pemerintah lainnya.

Perusahaan swasta akan didorong untuk berpartisipasi dalam proyek nasional besar yang menguntungkan, menerbitkan produk Real Estate Investment Trust untuk proyek infrastruktur, dan memimpin program teknologi di bidang utama, seperti perangkat lunak industri dan kecerdasan buatan.

Kasus-kasus investasi "lampu hijau" akan terus dipublikasikan untuk mendorong perkembangan ekonomi platform yang sehat.

Lebih banyak upaya akan dilakukan untuk menghilangkan hambatan akses pasar bagi perusahaan swasta, kata pejabat NDRC Wang Shancheng dalam konferensi pers pada Selasa. Wang mengatakan NDRC akan memulai revisi daftar negatif kelima negara untuk akses pasar secara tepat waktu dan mempersingkat daftar untuk menciptakan lingkungan yang lebih adil.

Menurut pemberitahuan tersebut, perusahaan-perusahaan akan menikmati proses pengurangan pajak yang lebih mudah dalam pengeluaran penelitian dan pengembangan, waktu yang lebih singkat dalam potongan harga ekspor, dan penguatan dukungan keuangan inklusif.

Pengembalian pajak China yang baru diterapkan, serta pemotongan dan penangguhan pajak dan biaya, untuk perusahaan-perusahaan swasta mikro dan kecil serta rumah tangga wiraswasta, mencapai 704,9 miliar yuan (sekitar 98,89 miliar dolar AS) pada paruh pertama tahun 2023, menurut data Administrasi Perpajakan Negara menunjukkan.

Dalam hal jaminan hukum, peraturan dan dokumen resmi yang melanggar prinsip kesetaraan bagi perusahaan-perusahaan dari berbagai jenis kepemilikan akan dihapuskan untuk melindungi perkembangan ekonomi swasta, menurut pemberitahuan tersebut.

Pemerintah akan meningkatkan layanannya guna membantu bisnis swasta mengatasi kesulitan, memangkas birokrasi dalam persetujuan administratif, menghapus tunggakan kepada usaha kecil dan menengah, dan secara aktif melibatkan pengusaha selama proses pembuatan kebijakan.

Komite Sentral Partai Komunis China dan Dewan Negara mengeluarkan pedoman untuk mendorong pertumbuhan ekonomi swasta bulan lalu, berjanji untuk memperbaiki lingkungan bisnis, meningkatkan dukungan kebijakan, dan memperkuat jaminan hukum untuk perkembangannya.

Ekonomi swasta memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi China karena menyumbang sekitar 50 persen dari pendapatan pajak negara, 60 persen dari PDB, 70 persen dari inovasi teknologi, dan menyumbang 80 persen lapangan kerja perkotaan.

Baca juga: ASEAN-China teken kesepakatan ekonomi senilai 12,1 miliar yuan
Baca juga: Sektor logistik China pertahankan momentum pemulihan pada H1 2023
Baca juga: Industri gim China berada di jalur pemulihan yang cepat

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023