Jumlah rumah yang rusak akibat puting beliung masih belum final karena BPBD masih melakukan pendataan"
Jember (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Jawa Timur, mencatat 391 rumah rusak berat, sedang, dan ringan akibat angin puting beliung yang melanda tiga kecamatan di kabupaten itu.

"Ratusan rumah yang menjadi korban angin puting beliung berada di tiga kecamatan, yakni Kaliwates, Patrang, dan Sumbersari. Kerusakan terparah berada di Kecamatan Kaliwates," kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Jember Heru Widagdo, Sabtu.

Ratusan rumah di tiga kecamatan itu rusak karena hujan deras yang disertai angin puting beliung pada Jumat (29/3) sore, bahkan sebagian rumah warga ambruk dan belasan pohon tumbang di sejumlah ruas jalan protokol hingga menyebabkan aliran listrik padam, khususnya di kawasan kota.

"Jumlah rumah yang rusak akibat puting beliung masih belum final karena BPBD masih melakukan pendataan terhadap korban di tiga kecamatan itu dan kemungkinan jumlahnya akan bertambah," tuturnya.

Ia menjelaskan angin puting beliung juga menyebabkan sejumlah warga terluka akibat tertimpa reruntuhan bangunan rumah mereka, sehingga korban langsung dilarikan ke pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) setempat dan Rumah Sakit Daerah (RSD) dr Soebandi Jember.

"Sejak Jumat (29/3) malam, BPBD sudah mendistribusikan bantuan makanan siap saji dan 400 paket bahan pokok. Hari ini, BPBD dibantu TNI dan Polri membersihkan reruntuhan bangunan rumah warga yang ambruk," ujarnya.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013