Solo (ANTARA) -
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tengah menyiapkan jadwal pemilihan ulang rektor menyusul pembatalan rektor terpilih Sadjidan beberapa waktu lalu.
 
Ketua Dewan Profesor UNS Prof Suranto Tjiptowibisono di Solo, Selasa mengatakan untuk pemilihan rektor akan dilakukan pada Desember 2023 hingga Februari 2024. Meski demikian, ada beberapa tahapan yang harus dijalankan menuju ke pemilihan rektor tersebut.
 
Langkah pertama yang dilakukan adalah tahapan pemulihan dan pengaktifan Majelis Wali Amanat (MWA) yang nantinya bertindak sebagai penyelenggara pemilihan rektor.
 
Untuk tahap ini, dikatakannya, yang dilakukan mulai dari penataan keanggotaan senat akademik fakultas (SAF) yang berlangsung pada bulan Juni-Agustus 2023. Selanjutnya pada bulan Agustus-September dilakukan penataan anggota senat akademik.

Baca juga: Mendikbudristek keluarkan SK perpanjangan jabatan rektor UNS 2019-2023

Baca juga: Mantan pimpinan MWA UNS tanggapi pencopotan gelar guru besar 

 
Pada bulan Oktober-November dilakukan pengaktifan MWA, diikuti dengan penyiapan peraturan MWA, mulai dari tata cara penyusunan peraturan internal, peraturan pemilihan rektor, dan lain-lain.
 
Sebelumnya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi membekukan MWA sebagai buntut dari dugaan kecurangan pemilihan rektor yang diselenggarakan beberapa bulan lalu.
 
Akibatnya, hasil pemilihan rektor yang memenangkan Sadjidan terpaksa dibatalkan. Meski hingga saat ini pemilihan rektor belum ada hasil, dipastikan hal tersebut tidak mengganggu operasional termasuk prestasi UNS.
 
"UNS masih mampu mengukir berbagai prestasi, khususnya dalam tata kelola perguruan tinggi. Ini menunjukkan bahwa situasi internal UNS masih kondusif. Berbagai kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan penyelenggaraan kegiatan layanan rutin juga tetap berjalan normal," kata Prof Suranto Tjiptowibisono.

Baca juga: Sajidan peroleh suara terbanyak pada pemilihan calon Rektor UNS

Baca juga: Pemilihan Rektor UNS dinilai janggal
 
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023