Dari total ini suara terbanyak yakni 12 diperoleh Prof Sajidan
Solo (ANTARA) - Sajidan berhasil memperoleh suara terbanyak pada pemilihan calon Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta masa bakti 2023-2028.

Wakil Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UNS Hasan Fauzi di Solo, Jumat mengatakan pada hasil pemilihan pada Sidang Pleno MWA tersebut awalnya ditawarkan dengan dengan tata cara musyawarah.

"Tapi tidak tercapai musyawarahnya, kemudian sesuai peraturan yang ada pemilihan dilakukan dengan voting," katanya.

Ia mengatakan untuk jumlah anggota MWA UNS yang memiliki hak suara pada pemilihan calon Rektor UNS tersebut ada 17 orang. Namun, karena Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang juga sebagai Ketua MWA UNS Hadi Tjahjanto memiliki sembilan suara, artinya berkontribusi sebesar 30 persen.

Baca juga: MWA telah tetapkan tiga calon Rektor UNS periode 2023-2028

Baca juga: Satu bakal calon Rektor UNS dinyatakan tak lolos verifikasi


"Dari total ini suara terbanyak yakni 12 diperoleh Prof Sajidan, suara kedua terbanyak sebelas diperoleh Prof Hartono, dan dua suara diperoleh I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani," katanya.

Dengan hasil tersebut, dikatakannya, MWA UNS memutuskan rektor terpilih untuk masa bakti 2023-2028 yakni Sajidan.

"Untuk pelantikan insyaallah akan dilakukan pada tanggal 12 April 2023," katanya.

Sementara itu, sebelumnya Sajidan menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, Bisnis, dan Informasi. Nantinya Sajidan akan menggantikan Jamal Wiwoho yang sebelumnya menjabat sebagai Rektor UNS masa bakti 2019-2023.

Baca juga: Sembilan Guru Besar UNS mendaftar jadi bakal calon rektor 2023-2028
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022