Jakarta (ANTARA) - Relawan Gerakan Pro Prabowo Bersatu (GP Prabu) dari Jawa Tengah mendatangi Rumah Besar Relawan 08 Prabowo, di Jakarta pada Selasa dan mendeklarasikan ikhlas mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk menjadi Presiden RI.

"Kami dengan tulus ikhlas, kami tidak memiliki embel-embel apapun. Bahwasanya, kami mendukung dengan segenap tenaga," kata Sekretaris Jenderal GP Prabu Bagus Widi Handoko dalam keterangan  diterima di Jakarta, Selasa.

Dikatakan Bagus, jumlah relawan GP Prabu telah mencapai 215 orang sejak dibentuk pada awal Mei 2023. Para relawan, kata dia, tersebar di 24 kabupaten dan enam kota besar.

"Kami memiliki strategi, kami memiliki kekuatan DPP, kami memiliki 24 korda (koordinator daerah) dari 24 kabupaten dan enam kota," kata Bagus.

Di sisi lain, Wakil Koordinator Rumah Besar Relawan Prabowo 08 Haris Rusly Moti mengatakan pihaknya senantiasa menerima kedatangan relawan. Khusus hari ini, kata dia, rumah relawan Prabowo kedatangan tamu istimewa.

"Bagi kami, di Rumah Besar Relawan Prabowo 08. Tamu itu adalah raja dan setiap tamu, pasti, membawa keberkahan," imbuh dia.

Dikatakan Haris, Relawan GP Prabu menempuh perjalanan selama kurang lebih 12 jam. Menurutnya, perjalanan tersebut adalah perjalanan ritual karena keliling dari satu kabupaten ke kabupaten lain menjemput anggota dan pengurus relawan untuk pergi ke Jakarta menyambangi Rumah Besar Relawan 08.

"Kita doakan perjalanan ritual yang dilakukan oleh Bapak, Ibu, Mbak, dan Mas dari Jawa Tengah ini membawa keberkahan untuk bangsa dan negara, untuk Pak Prabowo Subianto, untuk kita semua yang mendukung Pak Prabowo Subianto menjadi presiden di 2024," ucapnya.

Lebih lanjut, Haris menjelaskan dalam kurun waktu sekitar dua bulan, Rumah Besar Relawan Prabowo 08 telah menerima 130 lebih relawan yang datang mendaftarkan diri untuk menjadi relawan pemenangan Prabowo di tahun 2024.

Namun begitu, ia mengatakan kerja relawan Prabowo saat ini belum merupakan tahap kampanye. Hal itu, kata dia, karena tahap kampanye baru akan dimulai pada November 2023.

"Tahap yang kita lalui sekarang ini, adalah tahap konsolidasi dan perluasan jaringan relawan pemenangan Pak Prabowo sebagai Presiden 2024," ucapnya.

Ia menambahkan bahwa Rumah Besar Relawan Prabowo 08 menargetkan dapat mengumpulkan 5.000 hingga 10.000 relawan daei berbagai kalangan hingga Oktober mendatang.

"Kami menargetkan mudah mudahan sampai Oktober nanti bisa lahir dan terbentuk 5.000 sampai 10.000 relawan dari berbagai macam profesi, dari berbagai macam strata sosial. Sampai 28 Oktober, nanti," kata dia.

Berdasarkan jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden mulai 19 Oktober hingga 25 November 2023.

Dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu) disebutkan bahwa pasangan calon presiden/wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden/wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi dari DPR RI. Pasangan calon juga dapat diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 yang total perolehan suara sahnya minimal 34.992.703 suara.
Baca juga: Relawan KAMI Prabowo deklarasi dukungan untuk Prabowo 
Baca juga: Koordinator Relawan Prabowo tidak mau Pilpres 2024 "overheat"
Baca juga: Relawan muda dukung Prabowo jadi capres di Pilpres 2024

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023