Jakarta (ANTARA) - Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta, Arief Rosyid Hasan berharap seluruh relawan pendukung pasangan calon (Paslon) menyudahi persaingan dan bersatu kembali.

"Saat ini, tidak ada lagi relawan atau tim pemenangan 01, 02, 03. Bangsa Indonesia lah pemenangnya," kata Arief di Jakarta, Jumat.

Menurut Arief, Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah usai dan seluruh pihak harus berlapang dada menerima hasilnya.

Dia juga menilai masyarakat seharusnya tidak larut dalam konflik antar kelompok yang tercipta saat pemilu. Hal tersebut harus dihindari lantaran dapat memicu perpecahan di tengah masyarakat.

Kini, semua masyarakat meredam konflik tersebut dan bersatu untuk mendukung pemerintah terpilih menjalankan tugasnya, salah satunya yakni membawa Indonesia ke masa Indonesia emas.

"Kita sama-sama di garis start untuk mengawal keberlanjutan dan penyempurnaan pembangunan menuju Indonesia Emas 2045.” jelas Arief.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan capres-cawapres terpilih pada Pilpres 2024.

Penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Secara Nasional dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

"Hasil Pemilihan Umum secara nasional sebagaimana dimaksud dalam Diktum Kesatu sampai dengan Diktum Kelima ditetapkan pada hari Rabu tanggal 20 bulan Maret tahun 2024 pukul 22.18.19 menit WIB," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (20/3) malam.

Hasyim mengungkapkan pasangan Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara. Sementara itu, lanjut dia, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md 27.040.878 mendapatkan suara.

Adapun total surat suara sah, menurut dia, berjumlah 164.227.475 suara.
Baca juga: TKN Fanta adakan Syukuran Kemenangan Orang Muda
Baca juga: TKN Fanta: Kemenangan Prabowo-Gibran berkat dukungan anak muda


 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024