Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan sepanjang daerah konvergensi tersebut,
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan peningkatan awan konvektif terjadi di sebagian besar Sumatera, sebagian besar Jawa, Kalimantan Barat bagian utara, Kepulauan Aru hingga Tanimbar dan Papua pada Rabu.

Berdasarkan paparan informasi InfoBMKG diikuti di Jakarta, berdasarkan analisis dinamika atmosfer terkini menunjukkan beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi cuaca di wilayah Indonesia seperti analisis outgoing longwave radiation (OLR), Madden-Julian Oscilation (MJO) dan aktivitas gelombang ekuator yang menunjukkan kecenderungan peningkatan aktivitas konvektif di wilayah tersebut.

Kemudian daerah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi terpantau memanjang dari perairan Barat Sumatera Utara hingga Selat Malaka, dari Bengkulu hingga Sumatera Barat, dari perairan Timur Lampung hingga Sumatera Selatan, Karimata. di Kalimantan Utara, di Sulawesi bagian tengah, di Papua Barat, dan di Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan sepanjang daerah konvergensi tersebut,

Peningkatan Kecepatan angin permukaan lebih dari 25 knot terpantau di Laut Andaman, perairan Utara Aceh, laut Cina Selatan, Laut Arafuru, Laut Timor dan di perairan Selatan Nusa Tenggara Timur, yang mampu meningkatkan ketinggian gelombang laut sekitar wilayah perairan tersebut

Sehingga prakiraan cuaca dari pulau Sumatera, potensi hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di wilayah Palembang, Bengkulu, Jambi, dan Pekanbaru.

Untuk wilayah Bandar Lampung diperkirakan hujan dengan intensitas sedang. Waspada potensi hujan disertai petir yang diperkirakan terjadi di wilayah Pangkalpinang.
Baca juga: BMKG: Waspada gelombang tinggi hingga empat meter di beberapa perairan
Baca juga: BMKG: Waspada dampak pasang maksimum air laut seiring bulan purnama


Wilayah Tanjungpinang dan Banda Aceh berpotensi hujan intensitas ringan, untuk Padang diperkirakan berawan. Waspada potensi hujan disertai petir yang diperkirakan terjadi di wilayah Medan.

Bergeser ke pulau jawa, untuk wilayah Jakarta dan Serang diperkirakan hujan dengan intensitas ringan, untuk wilayah Bandung Yogyakarta dan Semarang diperkirakan berawan, dan untuk wilayah Surabaya cerah.

Di pulau Kalimantan untuk wilayah Samarinda diperkirakan berkabut dan untuk wilayah Banjarmasin diperkirakan cerah berawan, dan untuk Palangkaraya diperkirakan berawan.

Potensi hujan intensitas ringan terjadi di wilayah Tanjung Selor. Waspada potensi hujan yang disertai petir yang diperkirakan terjadi di wilayah Pontianak.

Wilayah Denpasar dan Mataram, kondisi cuaca diperkirakan berawan, Kupang diperkirakan cerah berawan.

Cuaca di Pulau Sulawesi untuk wilayah Gorontalo dan Palu diperkirakan cerah berawan, wilayah Makassar, Mamuju dan Manado, diperkirakan berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di wilayah Kendari.

Bergeser ke perkiraan cuaca di wilayah timur Indonesia untuk wilayah Ternate diperkirakan berawan, dan untuk wilayah Ambon, Manokwari, dan Jayapura besok hari hujan dengan intensitas ringan.

Baca juga: Dampak El Nino sebabkan suhu di sejumlah kota di Papua meningkat
Baca juga: BMKG: Gempa magnitudo 5,0 guncang wilayah Maluku Barat Daya

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023