Dukungan pemerintah kepada petani sangat penting agar dapat meningkatkan ketahanan mereka dan menjaga produktivitas sektor pertanian
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VI DPR RI Adisatrya Suryo Sulisto menyatakan pemerintah perlu segera melakukan langkah untuk menjaga ketersediaan gula di masyarakat guna mengantisipasi dampak fenomena iklim El Nino.

Menurut dia, ancaman El Nino yang diperkirakan mencapai puncak pada Agustus-September tahun ini akan sangat berpengaruh terhadap produktivitas lahan tebu, yang selanjutnya berdampak pada produksi dan ketersediaan gula di masyarakat.

"Melihat perkiraan dampak El Nino, pemerintah harus segera melakukan langkah antisipatif dengan menghitung produksi gula konsumsi dan memastikan stok gula dapat tercukupi agar tidak memicu kelangkaan di masyarakat," ujarnya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Khusus untuk gula, lanjutnya, merupakan salah satu komoditas strategis nasional yang rawan terdampak El Nino karena fenomena iklim tersebut sangat berpengaruh terhadap produktivitas lahan tebu sebagai bahan baku utama produksi gula.

"Belum lagi, kelangkaan gula ini sangat memicu inflasi yang tidak terkendali, seperti kelangkaan minyak goreng tahun lalu," katanya.

Adisatrya mengungkapkan bahwa langkah strategis seperti penambahan kuota impor gula mentah juga perlu dilakukan, sehingga keseimbangan pasokan dan juga ketersediaan stok dapat dijaga di tengah ancaman El Nino yang diprediksi berlangsung hingga awal 2024.

Pemerintah, tambahnya, juga perlu menetapkan harga acuan penjualan (HAP) agar industri mau melakukan impor serta untuk menjaga keseimbangan pasokan akibat mekanisme pasar dengan adanya penyesuaian harga.

Selain itu, menurut dia, pemerintah dapat terus memberikan dukungan terhadap petani sehingga produktivitas sektor pertanian dapat terus terjaga di tengah ancaman El Nino.

"Dukungan pemerintah kepada petani sangat penting agar dapat meningkatkan ketahanan mereka dan menjaga produktivitas sektor pertanian, terutama tanaman pangan yang sangat mengandalkan air," ujar Adisatrya.

Baca juga: Wakil Ketua DPR ingatkan pemerintah antisipasi fenomena El Nino
Baca juga: Sri Mulyani: El Nino picu turunnya target pertumbuhan pertanian 2023
Baca juga: BKSAP DPR: Parlemen berperan rumuskan kebijakan atasi perubahan iklim

Pewarta: Subagyo
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023