Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meningkatkan produktivitas nelayan di Indonesia termasuk keluarganya, salah satunya dengan menggelar workshop atau pelatihan untuk menciptakan ragam produk olahan dari ikan.
 
"Pengarusutamaan gender ini sangat penting, terutama jika istri atau keluarga nelayan mengolah ikan, mereka jadi bisa memiliki tambahan sumber ekonomi keluarga," jelas Direktur Jenderal (Dirjen) Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP, Budi Sulistiyo dalam keterangan resminya, Rabu.
 
Budi juga mengajak agar ibu-ibu nelayan cermat membaca peluang usaha dengan mengolah ikan menjadi produk turunan yang memiliki nilai jual.
 
Dalam kegiatan yang digelar KKP bersama Gerakan Ingat Selamat Layar Indonesia (GISLI) di Pelabuhan Perikanan Pantai Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur ini, KKP turut membuka gerai pelayanan perizinan terpadu lingkup Ditjen PDSPKP.

Adapun layanan yang dihadirkan di antaranya layanan berupa pengurusan sertifikat kelayakan pengolahan, perizinan usaha jasa pasca panen, perizinan usaha pengolahan, dan perizinan usaha pemasaran, serta membuka pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi UMKM bekerja sama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Banyuwangi.
 
"Kami akan selalu dukung para pelaku usaha, terutama UMKM agar semakin berkembang dan berdaya saing," ujarnya.
 
Dalam kesempatan ini, Budi juga menyerahkan 10 Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP) dan dua paket peralatan pengolahan kepada UMKM Perikanan di Banyuwangi.
 
Sementara Ketua Umum GISLI, Irjen Pol (Purn) Mudji Waluyo menyebut kolaborasi kegiatan ini menjadi wujud nyata bahwa GISLI tidak hanya fokus terhadap keselamatan nelayan, tetapi juga peduli terhadap ekonomi keluarga nelayan dan masyarakat pesisir lainnya.
 
"Kita sudah MoU dengan Ditjen PDSPKP pada 6 Juli 2023, jadi bicara keselamatan melaut itu dimulai dari peran istri dalam menyiapkan saat (suami) akan berangkat melaut hingga mendukung meningkatkan nilai tambah ikan dari hasil tangkapan," ujarnya.
 
Adapun kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan keluarga nelayan, khususnya istri dan anak nelayan. Guna memotivasi mereka, kegiatan ini juga menyertakan pameran dan bazar produk olahan ikan yang dihasilkan oleh UMKM setempat.

Baca juga: KKP memperkuat hilirisasi produk perikanan di Kebumen
Baca juga: FAO dan KKP latih istri nelayan Banyuwangi ciptakan produk olahan ikan
Baca juga: KKP bantu UMKM perluas pasar melalui pameran internasional

 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023