Kota Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa stok elpiji bersubsidi 3 kilogram di provinsi setempat aman dan harganya juga stabil karena Pertamina menambah pasokan sebanyak 1,5 juta tabung elpiji periode 27-31 Juli 2023.

"Ketika masyarakat menemukan kelangkaan serta harga elpiji 3 kg tiba-tiba melonjak di toko, maka sementara saya menganjurkan membeli di pangkalan karena harganya Rp16.000 sesuai HET dan stok dijamin aman," katanya saat meninjau pangkalan dan agen elpiji di Kabupaten Probolinggo dan Kota Probolinggo, Rabu.

Menurutnya imbauan membeli tabung gas elpiji 3 kg di pangkalan resmi Pertamina sebagai upaya mencegah panic buying di tengah masyarakat karena sempat beredar informasi subsidi mau dicabut kemudian ada kecenderungan masyarakat membeli tabung gas elpiji lebih dari yang dibutuhkan.

"Jangan memainkan harga karena tabung gas 3 kg ada tulisannya untuk masyarakat miskin. Mari berempati dan menjaga margin harganya bersama-sama," tuturnya.

Ia mengatakan masyarakat yang membeli elpiji di pangkalan resmi diminta membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) karena pihak Pertamina akan melakukan input data untuk kepentingan pembaruan data.

"Pertengahan Juli 2023, saya meninjau ke dua kota yakni Kota Surabaya dan Kota Batu. Hari ini saya ke pangkalan elpiji Probolinggo. Hasilnya aman dan disini tidak pernah ada kekosongan," katanya.

Khofifah sudah berkoordinasi dengan Pertamina agar menambah pasokan sebanyak 1,5 juta tabung gas elpiji 3 kg karena koordinasi itu bertujuan untuk melakukan monitoring pasokan suplai dan memberi stok tambahan yakni tambahan 30 persen untuk agen sedangkan untuk pangkalan 70 persen.

"Saya terus melakukan monitoring karena Agustus sangat banyak perayaan-perayaan HUT RI, sehingga hal itu juga harus diantisipasi oleh pihak Pertamina," ujarnya.

Ia mengajak semua pihak terkait untuk bersama menjaga kelancaran distribusi elpiji, sehingga pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat bisa terpenuhi.

Baca juga: Pemkot Madiun awasi penyaluran elpiji 3 kg agar tepat sasaran

Baca juga: Khofifah tinjau stok elpiji di Jombang

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023