Kami membahas sejumlah hal di sektor perhubungan mulai dari pengembangan ekosistem kendaraan listrik
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bertemu dengan 33 delegasi EU-ASEAN Business Council (EU-ABC) di Gedung Kemenhub, Jakarta, membahas peluang kerja sama pengembangan transportasi.

Pertemuan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Mission Trip to Indonesia 2023 yang diselenggarakan oleh EU-ABC. Delegasi EU-ABC terdiri dari 33 perwakilan beberapa perusahaan Uni Eropa yang dipimpin oleh Executive Director of EU ASEAN Business Council Chris Humphrey.

"Kami membahas sejumlah hal di sektor perhubungan mulai dari pengembangan ekosistem kendaraan listrik, pembangunan infrastruktur menggunakan skema kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU), dan isu lainnya di sektor perhubungan," kata Menhub melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menhub menyampaikan Pemerintah Indonesia membuka peluang bagi para mitra untuk berinvestasi dalam proyek konstruksi maupun pengoperasian infrastruktur transportasi di bandara, pelabuhan, dan jaringan kereta api melalui skema pembiayaan yang inovatif dan kreatif seperti KPBU.

Adapun, beberapa peluang investasi pada infrastruktur pembangunan dan pengembangan sektor transportasi, di antaranya pengembangan kereta logistik di Sumatera, sinkronisasi akses jalur kereta api menuju pelabuhan di Pulau Jawa (Pelabuhan Tanjung Emas, Pelabuhan Tanjung Perak, dan Pelabuhan Tanjung Priok) serta peluang peningkatan efisiensi infrastruktur transportasi di beberapa pelabuhan dengan perusahaan swasta seperti Maersk.

"Kami juga membuka peluang kerja sama untuk perencanaan dan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan pengembangan transportasi massal perkotaan di Jabodetabek, Medan, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Bali," ujar Menhub.

EU-ABC merupakan perwakilan utama sektor bisnis Uni Eropa di Kawasan ASEAN yang didirikan untuk membantu mempromosikan perdagangan dan investasi antar Kawasan Eropa dan ASEAN.

Anggota EU-ABC terdiri atas sembilan Kamar Dagang Eropa dan Perusahaan Multinasional Eropa utama (MNC) di seluruh sektor mulai dari keuangan, jasa, kesehatan, logistik, energi, dan lain-lain.

EU-ABC bekerja di berbagai sektor dan industri untuk membantu meningkatkan kondisi investasi dan perdagangan bisnis Eropa dan ASEAN melalui kerja sama di seluruh kawasan ASEAN dan Uni Eropa dan berperan sebagai sebuah wadah untuk berbagi informasi dan gagasan.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto, Plt. Dirjen Perhubungan Laut Antoni Arif Priadi, Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni, Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, dan Direktur Angkutan Jalan Suharto.

Baca juga: Uni Eropa dukung rencana pemindahan ibu kota Indonesia
Baca juga: Mendag singgung UE tidak konsisten soal kebijakan atas nama lingkungan

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023