tema city tour  ini mengandung makna untuk selalu menjaga keutuhan di tengah keberagaman
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengajak delegasi Forum Gubernur dan Wali Kota ASEAN 2023 berkeliling kota (city tour) untuk memperkenalkan lokasi wisata di Ibu Kota yang selama ini menjadi ikon.
 
"Unity in Diversity yang menjadi tema city tour  ini mengandung makna untuk selalu menjaga keutuhan di tengah keberagaman," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta Andhika Permata dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.
 
Selain itu, agenda keliling kota tersebut juga untuk memperkenalkan destinasi wisata di Jakarta kepada para delegasi pemimpin kota negara-negara ASEAN, yang pemilihan lokasinya tidak hanya berdasarkan cerita sejarah, namun juga untuk menunjukkan keberagaman di Jakarta.
 
Peserta dibawa ke Monumen Nasional (Monas) sebagai destinasi wisata sejarah dan ikon Kota Jakarta. Selain itu, peserta juga dibawa ke destinasi wisata religi yakni Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral melalui terowongan (tunnel) yang menghubungkan keduanya.
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengajak delegasi Forum Gubernur dan Wali Kota ASEAN 2023 berkeliling kota (city tour) ke lokasi ikonik untuk memperkenalkan wisata di Jakarta, Rabu (2/8/2023). ANTARA/ HO-PPID DKI Jakarta
Dalam kegiatan keliling kota ini,  pemimpin ibu kota negara-negara ASEAN yang sedang bertugas sebagai delegasi dalam Kegiatan MGMAC dan AMF 2023 ditemani  Abang dan None Jakarta dan empat orang pemandu wisata dari Himpunan Pramuwisata Indonesia untuk menikmati dan menjelajahi tempat-tempat wisata menarik di Jakarta.
 
Agenda "Unity in Diversity" MGMAC City Tour 2023 ini diikuti 116 peserta yang berasal dari Vietnam sebanyak 9 delegasi, Thailand sebanyak 12 delegasi, Singapura sebanyak 2 delegasi, Philiphines sebanyak 12 delegasi, Malaysia sebanyak 5 delegasi, Laos sebanyak 9 delegasi, Cambodja sebanyak 10 delegasi, Brunei sebanyak 2 delegasi dan Indonesia sebanyak 55 delegasi.
 
Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan pembangunan kota berkelanjutan patut mendapat dukungan karena bisa memperkuat pertumbuhan ekonomi.
 
"Kami percaya bahwa pembangunan kota yang berkelanjutan akan mendukung tujuan kita bersama memperkuat posisi ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan untuk kemakmuran rakyat ASEAN dan dunia," kata Heru dalam sambutan acara Meeting of Governors and Mayors of ASEAN Capitals (MGMAC) dan ASEAN Mayors Forum 2023 di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Selasa.
 
Heru menyebut selaku pemerintah kota dan daerah di Asia Tenggara, DKI Jakarta memiliki tujuan yang sama untuk mendukung keberlanjutan relevansi ASEAN dalam merespons tantangan kawasan dan global.
Baca juga: Heru resmikan Taman ASEAN sebagai komitmen kurangi emisi karbon
Baca juga: Heru sebut Jakarta masih daerah khusus meski tak jadi Ibu Kota
Baca juga: Heru sebut rapat gubernur-wali kota ASEAN sepakati bangun perkotaan

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023