Medan (ANTARA) -
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan, Sumatera Utara, mendukung Wali Kota Medan Bobby Nasution yang meminta aparat penegak hukum menindak tegas pelaku begal sadis di daerah ini.
 
"Kita mendukung pak wali meminta pihak kepolisian menindak tegas geng motor dan begal, karena tindakan mereka sangat meresahkan masyarakat," ucap Ketua MUI Kota Medan Hasan Matsum di Medan, Rabu.
 
Tidak hanya meresahkan masyarakat, lanjut dia, tetapi aksi para pelaku kekerasan dan kriminal jalanan tersebut juga sangat membahayakan masyarakat yang menjadi korban.
 
Bukan tidak sedikit masyarakat di Ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu yang menjadi korban begal harus kehilangan harta benda, seperti sepeda motor dan bahkan nyawa.
 
Tercatat seorang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bernama Insanul Anshori Hasibuan tewas menjadi korban pembacokan komplotan begal di Medan, Rabu (14/6) dini hari.
 
Kepada pihak Polrestabes Medan maupun Polres Pelabuhan Belawan agar lebih intens menggelar patroli, terutama di kawasan rawan tindak kekerasan maupun kriminal jalanan.
 
"Sebab, keberadaan mereka (begal, red) cukup meresahkan dan membahayakan masyarakat," tegas Hasan lagi.

 
Satreskrim Polrestabes Medan menembak mati seorang pelaku begal sadis bernama Bima Bastian alias Jarot ketika diamankan di kawasan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara pada Minggu (9/7) dini hari.
 
Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda menjelaskan selain pelaku begal, Jarot juga seorang residivis kasus pencurian kendaraan bermotor dan narkotika pada 2019.
 
"Pelaku Jarot terbukti melakukan aksi kejahatan menyatroni salon di Jalan Flamboyan dan di Jalan Dr Mansyur pada beberapa waktu lalu," ungkap dia.
 
Valentino menyebut dari hasil penyelidikan yang dilakukan Satreskrim Polrestabes Medan total ada delapan laporan kejahatan dilakukan oleh pelaku tersebut.
 
Dalam setiap melakukan aksinya, jelas dia, pelaku ini menggunakan senjata airsoft gun jenis pistol.
 
"Pada saat hendak diamankan petugas, pelaku melawan dan mencoba melukai petugas hingga akhirnya diberikan tindakan tegas terukur hingga meninggal dunia," katanya.
 
Dari tangan pelaku, turut disita barang bukti airsoft gun yang digunakan untuk melakukan aksi kejahatan terhadap masyarakat di Kota Medan.
 
"Tindak tegas terukur yang dilakukan sebagai bentuk komitmen Polrestabes Medan dan jajaran memberantas para pelaku begal. Saat ini jasad pelaku sudah dibawa ke RS Bhayangkara," tutur Valentino.

Baca juga: Dukung pemberantasan begal relawan Bobby Nasution teken petisi
Baca juga: Wali Kota Medan apresiasi polisi tindak tegas begal sadis
Baca juga: Kodam I Bukit Barisan bentuk tim khusus berantas begal di Medan

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023