Sydney (ANTARA) - Saham Asia melemah pada awal perdagangan Kamis, setelah Fitch menurunkan peringkat utang negara AS yang memicu aksi ambil untung, dengan investor sekarang mengalihkan fokus ke keputusan suku bunga Bank Sentral Inggris serta pendapatan Apple dan Amazon.

Baik S&P 500 berjangka maupun Nasdaq berjangka bertambah 0,2 persen, menyusul gelombang penjualan yang besar di Wall Street semalam.

Di Asia, indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang tergelincir 0,2 persen, juga telah mengalami penurunan besar 2,3 persen sehari sebelumnya. Itu dibandingkan dengan kenaikan bulanan 5,4 persen pada Juli.

Nikkei Jepang turun 1,1 persen, membawa kerugian sejauh ini pada Agustus menjadi 2,5 persen, mengembalikan sebagian dari lonjakan 7,5 persen yang diraih sebulan sebelumnya.

Imbal hasil obligasi pemerintah Jepang (JGB) 10-tahun naik menjadi 0,65 persen pada Kamis, tertinggi sejak April 2014, setelah Bank Sentral Jepang melonggarkan cengkeramannya pada kontrol kurva hasil minggu lalu.

Indeks saham-saham unggulan China CSI 300 naik 0,2 persen, sementara indeks Hang Seng Hong Kong sebagian besar datar. Sebuah survei swasta menunjukkan aktivitas jasa-jasa China berkembang lebih cepat pada Juli.

"Saya rasa meskipun Anda dapat berargumen bahwa penurunan peringkat Fitch sudah ketinggalan zaman ... Saya pikir Anda telah melihat cukup banyak pergerakan untuk beberapa hal untuk dibakar dan beberapa pertanyaan untuk ditanyakan pada level tertinggi ini," kata Matt Simpson, seorang analis pasar di City Index di Brisbane.

"Saya rasa yang terbaik Anda mungkin bisa melihat beberapa perdagangan berombak di sekitar level tertinggi ini atau paling buruk kita bisa mengalami sedikit kemunduran yang lebih dalam."

Semalam, Nasdaq dan S&P 500 membukukan penurunan terbesar mereka masing-masing sejak Februari dan April, setelah Juli yang terik didorong oleh pendapatan emiten yang lebih baik dari perkiraan dan harapan soft landing untuk ekonomi AS.

Di kemudian hari, Apple diperkirakan akan melaporkan penurunan pendapatan kuartal ketiga terbesar sejak 2016 karena penjualan iPhone melambat.

Amazon.com Inc, salah satu penggerak utama belanja konsumen, diperkirakan akan melaporkan kenaikan pendapatan kuartal kedua lebih dari 8,0 persen dibantu oleh pemulihan dalam bisnis periklanan dan e-commerce.

Sentimen risiko telah diredam oleh imbal hasil AS jangka panjang yang lebih tinggi setelah data ketenagakerjaan swasta yang lebih kuat dari perkiraan dan pengembalian dana utang jatuh tempo pemerintah AS yang diumumkan.

Imbal hasil 10 tahun AS melayang di 4,0856 persen di Asia, hanya sedikit di bawah puncak sembilan bulan 4,1260 persen yang dicapai semalam. Imbal hasil 30 tahun naik 2 basis poin menjadi 4,1847 persen, mendekati level tertinggi sejak November.

Dolar AS melambung di Asia pada level tertinggi satu bulan di 102,63 terhadap rekan-rekan utamanya, setelah data penggajian swasta yang kuat menambah tanda-tanda ketahanan pasar tenaga kerja di AS. Laporan penggajian non-pertanian AS yang diawasi ketat akan dirilis pada Jumat (4/8/2023).

Baca juga: Wall Street jatuh, investor mundur setelah Fitch pangkas peringkat AS
Baca juga: IHSG Kamis berpeluang melemah seiring sentimen global
Baca juga: Dolar naik di Asia, kekuatan ekonomi AS kalahkan ketidakpastian fiskal

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023