Jakarta (ANTARA) -
Hasnur Group siap memperkuat bisnis dan usahanya untuk menghadapi tantangan global dengan merambah berbagai usaha bisnis di berbagai wilayah di Indonesia.
 
Perusahaan yang berbasis di Kalimantan Selatan itu siap melakukan restrukturisasi bisnis dan usahanya dengan menambah Strategic Business Unit (SBU) menjadi tujuh unit. Ketujuh SBU itu yakni SBU Logistik, SBU Agrobisnis dan Forestry, SBU Technology dan Services, SBU Pendidikan, SBU Healthcare Media dan Lifestyle serta SBU Investment.
 
“Meskipun Hasnur Group siap menyongsong global tentu nilai religi dan kearifan lokal tidak akan hilang,” kata Presiden Direktur Hasnur Group Jayanti Sari lewat keterangan di Jakarta, Kamis.
 
Hasnur Group didirikan oleh H. Abdussamad Sulaiman HB dan Hj. Nurhayati, yang kemudian menjadi cikal bakal nama perusahaan, pada Agustus 1966.
 
Menginjak usia ke 57 tahun, Jayanti mengatakan saat ini salah satu mimpi pendiri sekaligus ayahanda Abdussamad Sulaiman agar kapal-kapal Hasnur Group mampu berlayar ke perairan internasional telah terwujud.
 
“Alhamdulillah dengan komitmen yang tinggi serta akhtiar cita-cita tersebut telah terwujud,” katanya.
 
Lewat salah satu entitas, PT Hasnur Internasional Shipping Tbk (HAIS) terus mengembangkan bisnisnya dengan mulai melayani pengangkutan kargo melalui pelayaran internasional.
 
Pada Maret 2022, HAIS telah berhasil melakukan pengiriman kargo batu bara ke Pelabuhan Go Dau, Vietnam. HAIS saat ini mengoperasikan total 28 set kapal tunda (tug boat) dan tongkang (barge) dengan kapasitas angkut bervariasi mulai dari 7.500-10.000 ton, di mana 13 kapal tunda dan 14 tongkang dimiliki sendiri.
 
Pada 2022, Hasnur Internasional Shipping mengangkut total kargo sebanyak 9,6 juta metrik ton (MT) kargo, di mana jumlah ini merupakan pencapaian tertinggi sejak perusahaan pada 2009.
 
Untuk merayakan hari jadi perusahaan yang ke 57 tahun Agustus ini, perusahaan menggelar serangkaian acara mulai dari kegiatan bakti sosial seperti bersih-bersih 57 masjid, langgar dan mushola dilakukan di berbagai tempat di Kalimantan Selatan dan Jakarta, kegiatan donor darah dan pameran UKMK.
 
Puncak kegiatan akan dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2023 bertempat di Amanah Borneo Park, Banjarbaru, Kalimantan Selatan yang melibatkan ulama/habaib serta melibatkan para pemangku kepentingan di Kalimantan Selatan.
 
Mengusung tema “Tumbuh Melaju dan Berkelanjutan”, rangkaian kegiatan ulang tahun dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas capaian di usia setengah abad Hasnur Group. Filosofi “tumbuh melaju dan berkelanjutan” mencerminkan semangat untuk terus berkembang, bergerak maju mencapai tujuan dan dapat memberikan kontribusi positif yang berkelanjutan.

Usaha Hasnur Group dimulai dari angkutan sungai, galangan kapal, dan sektor kehutanan terus tumbuh dan berkembang ke berbagai sektor usaha antara lain pertambangan batu bara, jalan dan terminal khusus batubara, agribisnis, transportasi, pelayaran, konstruksi, klub sepakbola profesional, media massa, dan pendidikan sekolah olahraga
 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023