Sragen (ANTARA) - Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran telah melakukan konservasi dan identifikasi temuan fosil gading gajah oleh warga di Dukuh Ngebung, RT 4 RW 2, Desa Ngebung, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.  

Temuan fosil gading gajah di sekitar wilayah Sangiran cukup sering terjadi dan banyak yang dilaporkan oleh warga, kata Kepala BPSMP Sangiran, Iskandar Mulia Siregar, di Sragen, Kamis.

"Kami akan lakukan konservasi dan identifikasi untuk memastikan jenis dan umur dari fosil itu. Saat ini, fosil berada di laboratorium kami," kata Iskandar.

Dia menjelaskan fosil gading gajah tersebut ditemukan oleh warga ketika menggali fondasi untuk membangun rumah, kemudian langsung dilaporkan ke BPSMP Sangiran untuk menindaklanjuti melakukan penyelamatan fosil.

"Warga menggali di pekarangannya mau membuat pondasi. Kemudian, mereka ketika melakukan penggalian membentur benda mencurigakan, pada Selasa (1/8), sekitar pukul 17.00 WIB dan ketemu benda yang diduga fosil. Lantas lapor ke petugas Satpam Museum Ngebung," katanya.

Petugas kemudian melakukan verifikasi. Lantas dipastikan benda tersebut adalah fosil dan diputuskan harus diselamatkan. Tim BPSMP melakukan penggalian di lokasi penemuan itu. Fosil berbentuk gading gajah purba tersebut dengan ukuran panjang lebih dari dua meter.  

Pihaknya menyampaikan proses evakuasi dilangsungkan selama sehari. Pihaknya menduga usia fosil tersebut sekitar 800 tahun. Pihaknya menjelaskan perkiraan berdasarkan kedalaman lapisan tanah.

"Fosil gading gajah itu, untuk penyimpanan sementara diletakkan di storage atau gudang Museum Ngebung," katanya.

Menurut dia, selama ini sejak awal tahun ini, sudah sekitar sembilan kali evakuasi fosil di kawasan tersebut. Dia menjelaskan sudah cukup banyak fosil gajah yang ditemukan di kawasan sekitar. Kalau temuan terkait gajah sudah bukan langka, sudah umum. Untuk sembilan kali temuan itu, sebenarnya tidak hanya gajah tetapi sebagian besar fosil gajah.

"Kami dari pemerintah mengapresiasi warga terkait yang penemuan fosil tersebut. Sebagai bentuk dedikasi menjaga kelestarian kawasan purbakala. Pemerintah tetap memberikan apresiasi perihal temuan itu," katanya.  

Baca juga: BPSMP Sangiran manfaatkan bahan alami untuk konservasi fosil purba

Baca juga: BPSMP Sangiran teliti temuan fosil panggul gajah purba di Madiun

Baca juga: BPSMP Sangiran teliti temuan fosil di Ngawi

 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023