... dikirim menggunakan truk dibawa ke Manado... "
Kotabaru, Kalimantan Selatan (ANTARA News) - Populasi anjing liar di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, berkurang drastis. Lebih 1.000 anjing di sana ditangkapi pada akhir 2012 lalu, dan mereka dijual ke luar provinsi untuk dikonsumsi pada pesta awal tahun ini. 

Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan Kotabaru, Kalimantan Selatan, Sidiq Adisusilo, Senin, mengatakan, menurut beberapa laporan kelapa desa dan warga, anjing-anjing itu ditangkap, dibunuh, dan dikirim ke Manado, Sulawesi Utara.

"Kata kepala desa dan warga yang mengetahui, daging anjing itu rencananya untuk pesta tahun baru. Setelah terkumpul cukup banyak, anjing yang sudah diawetkan dengan es tersebut dikirim menggunakan truk dibawa ke Manado," katanya.

Keberadaan anjing-anjing liar di sana, katanya, cukup merepotkan mereka. Biaya untuk mengeliminasi (memusnahkan) anjing-anjing liar itu lumayan tinggi, sekitar Rp50.000 perdosis suntikan. 

Anjing-anjing liar yang ditangkap itu berada di daerah Sarang Tiung, Pulau Laut Selatan, Pulau Laut Kepulauan, dan Kotabaru. Akan tetapi dia tidak mengungkap harga daging anjing itu di tangan pengumpul di Kotabaru.

(I022/E001)

Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013