Turdes ke-9 kalinya ini mengandung misi untuk penanggulangan inflasi, penanganan kasus stunting, penghijauan atau revolusi hijau dengan kegiatan menanam pohon.
Banjarmasin (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor memulai keberangkatan untuk program turun ke desa (Turdes) beserta ratusan rider motor trail dari halaman gedung Mahligai Pancasila di Banjarmasin, Kamis.
 
Gubernur menggunakan motor trail warna putih bertulis nomor 8 tersebut memimpin perjalanan panjang untuk mengunjungi desa-desa di 13 kabupaten/kota di provinsinya dari 3--8 Agustus 2023.
 
Menurut Gubernur Kalsel, Turdes yang dilaksanakannya sudah yang ke-9 kalinya ini mengandung misi untuk penanggulangan inflasi, penanganan kasus stunting, penghijauan atau revolusi hijau dengan kegiatan menanam pohon.
 
"Terakhir kita lakukan kegiatan perekaman e-KTP untuk kaum millenial di desa-desa, tentunya bagi anak-anak siswa kelas tiga SMA sederajat yang sudah cukup usia memiliki kartu identitas," ujarnya.
 
Dikatakan Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel tersebut, banyak kegiatan sosial dan lainnya yang dilangsungkan pihaknya saat mengunjungi warga desa tersebut, sehingga dia bisa juga langsung menyerap aspirasi dan keluhan masyarakat secara langsung tanpa batas.
 
Dia pun juga mengambil tema program Turdes Kemerdekaan 2023 ini atau jelang peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tersebut, yakni, "Menembus batas sembilan" dengan sub tema "Lintas beribu sungai Banua (Kalsel)".
 
Dia pun menyampaikan, begitu pentingnya kelestarian sungai di provinsi ini yang sangat kaya bagai "Ibu Pertiwi" yang harus dijaga, tidak dikotori oleh sampah dan limbah lainnya.
 
Gubernur Kalsel yang pada program Turdes 2022 mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk perjalan 1.000 kilometer Turdes pakai motor trail tersebut, memastikan kegiatannya kali ini tetap dengan niat untuk mendengarkan diri ke masyarakat, khususnya di desa yang terdalam.
 
Dia menyampaikan berupaya semaksimal mungkin kunjungannya ke desa-desa ini berdampak positif baik bagi penanganan infeksi, stunting, penghijauan juga administrasi kependudukan.
 
Keberangkatan Gubernur Kalsel dengan ratusan rider tersebut menjadi istimewa karena didoakan langsung ulama dan mubalig terkemuka di Indonesia, Buya Arrazy Hasyim.

Gubernur Kalsel memulai perjalanan dari Kota Banjarmasin ke Kabupaten Barito Kuala, lalu Tapin, Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Utara.
 
Kemudian berlanjut perjalanan ke Kabupaten Tabalong, Balangan, hingga ke daerah pesisir, yakni, Tanah Bumbu, Kota Baru dan Tanah Laut hingga finis di Kiram Park di Kabupaten Banjar.
 
Gubernur Kalsel meminta rider yang bersamanya untuk mematuhi aturan lalu lintas, juga tidak ugal-ugalan di jalan, karena semua harus mementingkan keselamatan.
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor (depan) memimpin gelar turun ke desa beserta ratusan rider motor trail di Halaman Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Kamis. (ANTARA/Sukarli)

Pewarta: Sukarli
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023