Banjarmasin (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menyerahkan bantuan perbaikan sebanyak 540 rumah warga korban bencana banjir dan tidak layak huni yang tersebar di 13 kabupaten/kota.

"Bantuan perbaikan rumah yang diserahkan Gubernur Kalsel tersebut itu terbagi dua, yakni untuk korban banjir dan warga tidak mampu," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kalsel Mursyidah Aminy di Kabupaten Banjar, Sabtu.
 
Ia menyebutkan bantuan sosial rehabilitasi rumah bagi korban bencana banjir sebanyak 260 unit, yang tersebar di lima kabupaten, yakni Kabupaten Banjar sebanyak 125 unit, Hulu Sungai Tengah 25 unit, Balangan 5 unit, Barito Kuala 75 unit, dan Tanah Laut 30 unit.

Baca juga: Ratusan rumah di Banjarmasin dapat bantuan bedah rumah tahun 2023
 
Sedangkan bantuan Peningkatan Kualitas Rumah Tidak Layak Huni (PK-RTLH) bagi warga yang tidak mampu sebanyak 280 rumah, yang tersebar di 13 kabupaten/kota, masing-masing rumah dapat bantuan dana sebesar Rp20 juta.

Anggaran program perbaikan rumah ini, kata dia, untuk pengadaan bahan bangunan sebesar Rp17,5 juta per unit dan upah tukang Rp2,5 juta per unit.

"Semua anggaran program ini dari APBD Provinsi Kalsel tahun 2023," katanya.

Baca juga: Gubernur Sultra serahkan bantuan rumah tidak layak huni di Buton

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan bantuan ini merupakan wujud kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat.
 
Menurut Paman Birin sapaan akrab Sahbirin Noor, bantuan ini bersumber dari dana APBD yang sejatinya berasal dari rakyat.
 
“Bantuan ini bersumber dari APBD yang sejatinya dari dana bubuhan pian (kalian) yang bayar pajak kendaraan maupun yang lainnya. Jadi, dari rakyat untuk rakyat," tuturnya.

Baca juga: Kementerian PUPR bangun PSU 643 rumah subsidi di Kalimantan Selatan
 
Paman Birin juga meminta kepada jajarannya untuk meningkatkan bantuan dalam menyediakan rumah layak huni bagi masyarakat.
 
"Saya minta Dinas Perumahan dan Pemukiman untuk meningkatkan lagi, karena masih ada warga kita yang memerlukan bantuan seperti ini," katanya. 
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor serahkan bantuan perbaikan rumah warga tidak layak huni dan korban bencana banjir di seluruh kabupaten/kota di Kabupaten Banjar, Sabtu (8/7/2023). ANTARA/HO-Humas Pemprov Kalsel
 
 
 
 

Pewarta: Sukarli
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023