Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun prasarana, sarana, dan utilitas umum (PSU) untuk sebanyak 643 rumah subsidi di Provinsi Kalimantan Selatan guna menyukseskan program Sejuta Rumah.

“Pembangunan rumah bersubsidi dan dukungan pembangunan PSU adalah upaya pemerintah mensukseskan Program Sejuta Rumah untuk mengurangi angka backlog perumahan di Indonesia khususnya di Kalimantan Selatan,” kata Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Iwan menerangkan, program bantuan PSU berupa jalan lingkungan di rumah bersubsidi akan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan pengembang perumahan.

Penghuni rumah bersubsidi yang merupakan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), lanjutnya, dapat tinggal dengan aman dan nyaman dan pengembang juga memiliki jalan lingkungan yang tertata dengan baik dan berkualitas.

“Kami ingin rumah bersubsidi di daerah juga memiliki kualitas jalan lingkungan yang baik. Masyarakat bisa tinggal di rumah bersubsidi yang layak dan terjangkau,” ujar Iwan

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Kalimantan II, Hujurat, Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Selatan, Rudi Yunanto, menerangkan, sebanyak 643 unit rumah bersubsidi di Kalimantan Selatan akan menerima bantuan PSU dari Kementerian PUPR yang berupa jalan lingkungan, drainase, sistem penyediaan air minum dan prasarana dan sarana persampahan.

"Anggaran untuk pembangunan PSU ini senilai Rp4,43 miliar," ungkap Rudi

Dari data yang ada di Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Rumah Swadaya dan RUK Provinsi Kalimantan Selatan, Wahyono, bantuan PSU ini akan diterima oleh 10 pengembang perumahan subsidi yang tersebar di lima kabupaten/kota.

Adapun sebaran lokasinya berada di Kota Banjarmasin yakni Perumahan Antasari Bintang Residence Tahap 3 (50 unit) dan Ibti Semanda Residence (50 unit), Kabupaten Barito Kuala di Perumahan Griya Anisah Permai III (133 unit) dan Antasari Garden 2 (50 Unit).

Selanjutnya di Kabupaten Balangan berada di Perumahan Rizky Balangan Residence Tahap 3 (50 unit) dan Balai Pangeran Residence (50 unit), Kabupaten Tabalong di Perumahan Linda Regency 10 (91 unit) dan Perumahan Linda Regency 8 sebanyak (59 unit) dan Kabupaten Kotabaru di Perumahan Grand Ar Raudah 7 (50 unit) dan Bamega Town House (60 unit).

Baca juga: Kementerian PUPR: 1.067 rumah subsidi di Kalsel dapat bantuan PSU 2021
Baca juga: Kementerian PUPR: 495 rumah subsidi Riau dapat bantuan PSU
Baca juga: Apersi ajukan permintaan ke pemerintah naikkan harga rumah subsidi

 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022