Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan negara maju tidak lepas dari peran seorang ibu dalam mengasuh dan merawat buah hatinya.

"Di tangan seorang ibu akan tumbuh generasi bangsa yang akan membawa negara tercinta menjadi negara yang maju," kata Menaker Ida dalam seminar parenting tumbuh kembang anak di ruang Tridharma Kemnaker, Jakarta, Kamis.

Seminar yang diselenggarakan Dharma Wanita Kementerian Ketenagakerjaan bersama Yayasan Dharma Bina Gemilang dan Universitas Mercu Buana Jakarta itu juga menghadirkan pembicara psikolog, Melani Aprianti, M.Psi dan Karisma Riskinanti, MPsi.

Menaker menyatakan mengasuh dan merawat buah hati saat ini, merupakan tugas yang berat dan banyak ujian yang dihadapi.

Baca juga: Kemnaker canangkan gerakan bebas pekerja anak di perkebunan sawit

Baca juga: Menaker minta masyarakat peduli terhadap anak-anak PMI


"Perkembangan teknologi yang kita nikmati saat ini, memberikan dampak negatif bagi kita semua. Susahnya melepaskan gadget di sela aktivitas keseharian kita, bisa menyita waktu dan akhirnya perhatian kita terhadap buah hati berkurang. Akibatnya bisa lalai mengawasi tumbuh kembangnya anak kita," ujar Ida Fauziyah.

Sedangkan Dina Andarini Satrio kegiatan seminar merupakan salah satu bentuk sinergi dengan Universitas Mercu Buana dan berharap akan terus berlanjut dengan kegiatan bimbingan konseling kepada anak didik di TK Eka Dharma Santi pada periode tertentu.

"Kerja sama ini kami rasakan sangat berarti bagi kelancaran proses tumbuh kembang anak agar dapat berlangsung dengan maksimal sehingga anak-anak didik diharapkan dapat menjadi manusia dengan kepribadian yang utuh dan kuat," ujarnya.

Baca juga: Orangtua perlu berikan stimulasi pada anak secara berkelanjutan

Baca juga: Kehadiran orang tua penting pada tahun pertama kehidupan anak

 
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023