Selamat datang di Tanah Air, dan semoga perjalanan ibadah haji yang lebih 40 hari itu menjadikan kita semua terberkati dan tentunya menjadi haji mabrur
Makassar (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi UPG Makassar menerima kedatangan rombongan jamaah haji tambahan Kloter 42 dari empat provinsi.

Kepala Bidang Penerimaan Jamaah Wahyuddin Hakim didampingi Plh Kepala Kanwil Kemenag Sulawesi Tenggara Jamaluddin di Makassar, Kamis, menyambut langsung rombongan jamaah haji tersebut.

"Selamat datang di Tanah Air, dan semoga perjalanan ibadah haji yang lebih 40 hari itu menjadikan kita semua terberkati dan tentunya menjadi haji mabrur," ujarnya.

Sebanyak 391 haji Kloter 42 yang tiba pada pukul 18.46 WITA di Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar dengan pesawat Garuda GIA1242 didominasi oleh jamaah kuota tambahan yang berasal dari tujuh kabupaten dan kota se -ulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara dan Papua Barat.

Baca juga: 11.459 haji Debarkasi Batam telah kembali ke Tanah Air

Adapun rinciannya adalah, Kota Makassar sebanyak 1 orang , Kabupaten Gowa 58 orang, Kabupaten Maros 20 orang, Bulukumba 3 orang, Takalar 7 orang, Enrekang 28 orang, Toraja Utara 4 orang, Provinsi Sulawesi Tenggara 145 orang, Provinsi Maluku Utara 91 orang dan Provinsi Papua Barat 30 orang.

Jamaah haji Kloter 42 ini diserahkan secara resmi oleh Kepala Bidang Penerimaan Jamaah Wahyuddin Hakim kepada Plh Kepala Kanwil Kemenag Sulawesi Tenggara Jamaluddin, mewakili pemerintah daerah asal jamaah Kloter 42.

“Selamat datang kembali di Tanah Air, bapak ibu telah melewati perjuangan yang cukup panjang  melaksanakan ibadah di Tanah Suci. Masih terngiang di kepala jamaah suasana Makkah dan Madinah. Insya Allah bapak ibu semuanya mendapatkan predikat haji mabrur,” katanya.

Baca juga: Penambahan kuota haji tingkatkan jumlah penumpang udara Juni 2023

Dengan diserahkannya Kloter 42 ini, jumlah jamaah haji yang telah dipulangkan melalui Debarkasi UPG Makassar sebagaimana disampaikan Wahyuddin Hakim, sebanyak 16.810 orang dari total 16.888 orang  yang diberangkatkan ke Tanah Suci, Makkah.

Adapun jumlah jamaah haji yang wafat sebanyak 54 orang, dengan rincian asal Sulawesi Selatan 19 orang, Sulawesi Tenggara 6 orang, Sulawesi Barat 6 orang, Maluku Utara 9 orang, Gorontalo 4 orang, Papua 2 orang, Maluku 5 orang dan Papua Barat 3 orang.

Sejumlah pejabat hadir pada prosesi penyerahan jemaah haji Kloter 42 ini, di antaranya Asisten I Provinsi Maluku Utara, Plh Kepala Kanwil Kemang Sulawesi Tenggara, Asisten I Kabupaten Gowa, Kakan Kemenag Kabupaten Maros, Gowa dan Kabupaten Enrekang.

Baca juga: Kemenag: Pelayanan haji 2024 tetap tanpa pendamping jamaah lansia
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023