Surabaya (ANTARA) - Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) memaparkan hasil capaian realisasi investasi yang diperoleh dari 20 lokasi yang tersebar di Indonesia mencapai Rp128,5 triliun.

"Dari hasil evaluasi yang masuk dalam rangkaian rapat kerja nasional KEK, kami menghitung yang betul-betul sudah ada bentuk fisiknya, kalau yang masih rencana tentu tidak dihitung, yakni sebesar Rp128,5 triliun," kata Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal Dewan Nasional KEK Susiwijono Moegiarso di acara Indonesia SEZ Forum 2023 di Surabaya, Kamis.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga memetakan isu-isu strategis, termasuk semua kendala, yang ada di lapangan serta melihat kembali posisi KEK dalam konteks perekonomian pusat maupun daerah dengan pembukaan lapangan kerja.

"Melalui bonus demografi Indonesia, sangat berkepentingan untuk menciptakan industri yang mampu membuka lapangan kerja. Dari capaiannya tahun ini baru mencapai 71 ribu dan kami masih akan dorong terus," ucapnya.

Baca juga: Kemenko: Nilai transaksi e-commerce RI kuartal I Rp108,54 triliun

Dari dua hal tersebut, lanjutnya, akan menjadi indikator utama untuk menilai kinerja dan capaian dari masing-masing KEK, termasuk yang ada di Jawa Timur.

"Dari 20 KEK di Indonesia, dua di antaranya ada di Jawa Timur, yakni di Gresik dan Malang. Untuk di KEK Gresik yang dikenal dengan JIIPE ada 21 pelaku usaha dan kemarin kami juga meninjau salah satu pelaku usaha yakni PT Freeport Indonesia yang membangun smelter single line terbesar di dunia dengan nilai investasi sebesar Rp45 miliar," ujarnya.

Susiwijono menjelaskan, untuk perkembangan laporan kemajuan dari smelter di KEK Gresik sudah mencapai 76 persen yang diharapkan pada Mei 2023 sudah selesai dan dapat memulai produksi.

"Kami harapkan pada akhir 2024 bisa mencapai 100 persen produksi secara penuh agar kebijakan hilirisasi dapat dibuktikan melalui smelter di Gresik ini," tuturnya.

Menurut dia, banyak keuntungan yang akan diperoleh jika Smelter beroperasi penuh yang salah satunya adalah pembuatan katoda tembaga, kalau dulu di ekspor masih dalam keadaan mentah.

Baca juga: Dinamika global, pemerintah perkuat Komite Fasilitasi Perdagangan

"Di Gresik kira-kira menghasilkan 600 ribu ton dari Freeport dan Smelting sebesar 300 ribu ton, jadi total 900 ribu ton katoda tembaga itu jika di ekspor nilainya sekian puluh kali lipat jika dibandingkan dalam keadaan mentah," katanya.

Oleh karena itu, dengan menghasilkan katoda tembaga yang merupakan bahan baku untuk manufaktur banyak sektor mulai dari elektronik hingga otomotif yakni baterai dari kendaraan listrik.

"Jika sudah diproduksi di Gresik, otomatis pabrikan dan industri di negara lain bisa dipastikan akan memesannya di Jawa Timur Gresik, contoh sudah dua, dalam waktu singkat yang sudah masuk PT Hailiang," ucapnya.

PT Hailiang sudah berinvestasi dengan membuat pabrik terbesar di Asia dan masih banyak lagi yang akan melirik KEK di Gresik, Jawa Timur.

"Jika semua sudah dilakukan akan terbukti hilirisasi tahap kedua akan terealisasi jauh lebih besar, industri-industri manufaktur akan masuk di Jawa Timur," ucapnya.

 

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023