Banda Aceh (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo berkunjung langsung ke Provinsi Aceh guna melihat langsung lokasi sejumlah arena pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Bumi Serambi Mekah.

“Proses penyelenggaraan sudah berjalan, kita tentu optimistis waktunya sangat cukup untuk mengejar penyelenggaraan PON di bulan September,” kata Menpora di Banda Aceh, Kamis.

Pernyataan itu disampaikan Menpora di sela-sela meninjau sejumlah arena pertandingan di komplek Stadion Harapan Bangsa dan lokasi lainnya yang akan menjadi tempat pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Baca juga: Kemenpora, KONI dan PB PON XXI adakan rapat anggaran PON 2024

Ia menjelaskan provinsi tersebut memiliki aset yang sudah bagus sehingga pihaknya akan terus memperbaharui dan memaksimalkan sarana dan prasarana yang telah ada dan belum termanfaatkan dengan baik.

Menurut dia untuk pelaksanaan tersebut tidak ada perbedaan karena ada beberapa arena cabang olahraga yang sebelumnya belum ada dibangun dari nol oleh PUPR dan memperbaharui kembali yang sudah ada.

Ia mengatakan proses pembangunan pada Oktober dan akan rampung sesuai dengan target yang telah ditetapkan yakni sebelum penyelenggaraan PON berlangsung di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu.

“Saya yakin sekali, begitu pembangunan kembali Stadion Harapan Bangsa ini selesai, masyarakat Aceh akan Bahagia dan melihatnya pasti akan puas,” katanya.

Baca juga: Bertemu Menpora, Penjabat Gubernur Aceh bahas PON Aceh-Sumut 2024

Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki yang ikut mendampingi Menpora mengaku optimistis pembangunan arena dan juga stadion utama penyelenggara PON akan tuntas tepat waktu.

“Insya Allah, dengan dukungan semua pihak termasuk Pemerintah Pusat, kami optimistis gelaran PON XXI akan berlangsung sukses serta memberi dampak ekonomi yang besar bagi masyarakat,” kata Achmad Marzuki.

Dalam kunjungan ke Provinsi Aceh untuk meninjau persiapan PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Aceh, Menpora turut didampingi Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman dan Anggota DPR RI Illiza Sa’aduddin Djamal.

Kemudian juga hadir Ketua KONI Aceh Kamaruddin Abubakar serta unsur Forkopimda Aceh serta pejabat terkait di lingkungan Pemerintah Aceh.

Baca juga: KONI Pusat gandeng perusahaan TI Korea tingkatkan kualitas PON 2024

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023