Kita harapkan silaturahmi dan penjajakan kerja sama di bidang pendidikan antara Pemprov Kaltim dengan MSU semakin mempererat hubungan kedua negara, termasuk Kaltim yang memang sudah sejak lama meningkatkan SDM dengan beberapa universitas di Tanah Air
Samarinda (ANTARA) - Salah satu Universitas di Selangor, Malaysia yakni Management and Science University (MSU) melakukan penjajakan kerja sama peningkatan Sumber Daya Manusia ( SDM) dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Delegasi pendidikan Malaysia yang dipimpin Presiden Management and Science University (MSU) Prof Tan Sri Dato’ Wira, Dr Mohd Shukri Ab Yajid didampingi Vice President, Research, and Internationalization Prof Dr Indang Iriati Ariffin telah tiba di Kaltim dan disambut oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni .

"Kita harapkan silaturahmi dan penjajakan kerja sama di bidang pendidikan antara Pemprov Kaltim dengan MSU semakin mempererat hubungan kedua negara, termasuk Kaltim yang memang sudah sejak lama meningkatkan SDM dengan beberapa universitas di Tanah Air maupun luar negeri melalui program Beasiswa Kaltim Tuntas,” katanya saat menerima Presiden dan akademisi MSU, di Ruang Kerja Sekda Kaltim, di Samarinda, Kamis.

Sekda Sri Wahyuni mengucapkan selamat datang kepada Presiden MSU University Prof. Tan Sri Dato’ Wira Dr. Mohd Shukri Ab Yajid, beserta akademisi MSU di Kota Samarinda ibukota Provinsi Kaltim, dan berharap silaturahmi memberikan kontribusi dalam pembangunan di Kaltim.

Ia mengatakan Pemprov Kaltim sangat berkomitmen untuk pengembangan dan peningkatan SDM masyarakat lokal, salah satunya melalui program kerja sama pendidikan antara Pemprov Kaltim dengan sejumlah sekolah dan perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri.

Dia menambahkan Pemprov Kaltim sangat menyadari, bahwa Kaltim harus menyiapkan SDM yang unggul, berkualitas dan berakhlak mulia. Sebab kekayaan sumber daya alam yang melimpah lambat laun akan menipis dan habis, sehingga perlu dipersiapkan SDM yang kompeten dan berdaya saing dalam berbagai bidang.

"Kita harapkan penjajakan ini, nantinya bisa ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama khususnya dalam peningkatan SDM di Kaltim," tandasnya.

Prof. Tan Sri Dato' Wira Dr. Mohd Shukri Ab Yajid, menjelaskan tujuan dari kunjungan dan penjajakan kerjasama ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang prioritas pembangunan dan tantangan Kaltim, serta menjajaki kemungkinan kemitraan akademik, kolaborasi penelitian, dan program pertukaran pengetahuan antara MSU dan pendidikan lokal institusi.

"Membahas potensi inisiatif untuk mengatasi masalah sosial dan ekonomi yang dihadapi ole wilayah dan mengidentifikasi area, dimana
MSU dapat berkontribusi. Melalui kami, keahlian akademik dan program penjangkauan masyarakat. Serta kerjasama jangka panjang yang bermanfaat bag daerah dalam hal pendidikan, penelitian, pembangunan berkelanjutan, dan peningkatan kapasitas," katanya.

Dalam kesempatan itu, dilakukan diskusi penjajakan rencana kerja sama peningkatan SDM di Kaltim, yang disampaikan Dinas Pendidikan Kaltim, perwakilan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kaltim, perwakilan Dinas Kesehatan Kaltim.

Baca juga: Badan Karantina Ekspor Pisang Kaltim ke Malaysia

Baca juga: Ketua Menteri Sabah Malaysia kunjungi Kalimantan Timur

Baca juga: Festival Hudoq siap digelar di perbatasan Indonesia -Malaysia

Baca juga: Mahulu di perbatasan RI-Malaysia usulkan punya kuota haji sendiri

Pewarta: Arumanto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023