Sukoharjo (ANTARA) - Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri menggeledah rumah warga dua lokasi berbeda di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis petang.

Tim Densus 88 pertama melakukan penggeledahan sebuah rumah di Turi RT 002/RW 007, Cemani, Grogol, Sukoharjo, kemudian kedua melakukan di rumah kontrakan, Keden, Desa Gentan, Kecamatan Baki, Sukoharjo.

Menurut Tri Ngadiyo selaku ketua RT setempat Desa Gentan Sukoharjo, telah mendapat informasi dari anggota babinsa setempat bahwa AG yang diamankan oleh polisi diduga terlibat dalam jaringan terorisme.

AG sudah dikondisikan oleh Densus 88 Antiteror. Hal ini, kata dia, hanya dalam rangka mencari barang bukti. AG mengontrak sekitar 2 tahun, orangnya kurang bergaul, tertutup. Bahkan, ketua RT itu tidak tahu pekerjaan AG.

Sementara itu, Joko Mulyono selaku pemilik rumah kontrakan Desa Gentan mengatakan bahwa penangkapan AG  sekitar pukul 14.00 WIB.

Joko menjelaskan bahwa penangkapan cukup berjalan lancar dan kooperatif. AG kemudian dibawa oleh anggota Densus.

Menurut Joko, tidak mengetahui pasti pekerjaan AG, selama ini dia hanya mengetahui pekerjaan serabutan. AG sering didatangi teman-temannya di kontrakan itu. Namun, tidak mengetahui berkaitan dengan apa.

AG dalam kesehariannya selama mengontrak tidak bermasalah hanya saja dia cukup tertutup dan tidak pernah terlibat dalam sosialisasi dengan warga kampung setempat. AG diketahui tinggal bersama istri dan kelima anaknya.

Namun, kata dia, anak AG cukup terbuka dan terkadang mengikuti kegiatan di kampungnya.

Polisi dalam penggeledahan rumah kontrakan mengamankan sejumlah barang bukti berupa laptop, handphone, dan kotak amal. Namun, dia tidak tahu pasti AG terlibat dalam jaringan apa.

Penggeledahan tersebut cukup cepat sementara warga sekitar tampak memadati lokasi penggeledahan.

Baca juga: Densus tangkap terduga teroris terafiliasi bom Polsek Astana Anyar
Baca juga: Densus ungkap peran dua teroris ditangkap di Lombok

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023