Purwakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jabar, siap menggelar pertunjukan air mancur berjoged di Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud, pada akhir pekan nanti.

"Setelah sebelumnya tertunda karena debit air yang kurang, akhirnya pada akhir pekan nanti pertunjukan air mancur di Taman Air Mancur Sri Baduga bisa digelar," kata Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Jumat.

Baca juga: Pemkab Purwakarta terapkan tiket masuk taman air mancur "berjoged"

Ia menyampaikan kalau sebelumnya debit air yang mengalir ke Taman Air Mancur Sri Baduga diprioritaskan untuk saluran irigasi, guna memenuhi kebutuhan areal persawahan.

Namun pekan ini kebutuhan air untuk mengairi areal sawah tercukupi, sehingga debit air yang dibutuhkan untuk pertunjukan air mancur dapat terpenuhi pada akhir pekan nanti.

"Sekarang ini debit air di Situ Buleud sudah tercukupi dan tidak akan menggangu pasokan air persawahan. Dengan kondisi itu, maka pertunjukan air mancur sudah bisa kembali digelar," kata dia.

Baca juga: Taman Air Mancur "berjoged" Sri Baduga Purwakarta dioperasikan lagi

Catatan Dinas Tata Ruang dan Permukiman Purwakarta, diperlukan volume air sebanyak 15,000 meter kubik agar pertunjukan air mancur bisa berlangsung.

Jumlah air sebanyak itu setara dengan jumlah air untuk mengairi areal persawahan seluas 4,116 hektar,

Anne mengatakan, pertunjukan air mancur di Taman Air Mancur Sri Baduga akan digelar pada 5 dan 12 Agustus 2023, dengan target 10.000 pengunjung.

Baca juga: Menpar resmikan Air Mancur terbesar se-Asia Tenggara

"Pertunjukan air mancur yang megah dan semarak dengan berbagai atraksi budaya menjadi salah satu daya tarik yang bisa memancing banyak wisatawan datang ke Purwakarta. Kita telah persiapkan semuanya dengan matang agar wisatawan bisa merasa nyaman berada di Purwakarta," kata bupati.

Tiket masuk pertunjukan air mancur itu bisa diperoleh di Kantor Radio Pro 93.1 FM dan Galeri Menong Gandanegara Purwakarta. (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023