Apabila ada asap dan api maka personel satgas yang bertugas di posko-posko tersebut, akan bergerak cepat mendatangi lokasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan
Jambi (ANTARA) - Wairjenad Kasad Mayjen TNI Hasanuddin didampingi Kaban Anev Ban Itjenad Letkol (Inf) Jani Setiadi menyempatkan diri meninjau posko kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang berada di Markas Korem (Makorem) 042/Gapu, Jambi.

"Kunjungan kerja Wairjenad Kasad Mayjen TNI Hasanuddin dan rombongan disambut langsung Komandan Korem (Danrem) 042/Gapu Brigjen TNI Supriono di Markorem dan melihat langsung posko karhutla yang ada di sana," kata Plh Kapenrem 042/Gapu Kapten (Inf) AR Dalimunthe, di Jambi Jumat.

Selain meninjau Makorem dan poko karhutla, Wairjenad Kasad juga akan melaksanakan rangkaian kunjungan kerjanya dalam rangka melaksanakan Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TMMD 117 Kodim 0416/Bute Tahun 2023 di Desa Talang Silungko Kecamatan Bathin II Pelayang Kabupaten Bungo Provinsi Jambi.

Kunjungan Wairjenad Kasad di Jambi juga didampingi Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Ruslan Efendi bersama rombongan saat tiba Makorem langsung menuju ruangan tempat dijadikannya posko karhutla sebagai posko utama untuk memonitor seluruh posko yang tersebar di sejumlah lokasi wilayah Provinsi Jambi.

Danrem 042/Gapu Jambi, Brigjen TNI Supriono mengatakan apabila ada asap dan api maka personel satgas yang bertugas di posko-posko tersebut, akan bergerak cepat mendatangi lokasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

"Personel TNI dan Polri yang berada di posko karhutla terdekat ditugaskan ke lokasi untuk melakukan tindakan cepat," katanya.

Untuk saat ini kondisi karhutla di Provinsi Jambi masih bisa dikendalikan walaupun satgas di bawah komando TNI tetap juga menerima adanya informasi titik panas di beberapa wilayah di Provinsi Jambi namun jumlah luasan lahan atau hutan yang terbakar tidak terlalu luas dan bisa dipadamkan oleh tim satgas karhutla yang ada di lapangan.

Setelah menerima penjelasan dari Danrem 042/Gapu tentang kondisi wilayah dan situasi terkini yang terjadi di wilayah Jambi terkait perkembangan karhutla, selanjutnya rombongan terbang menggunakan helikopter ke lokasi TMMD ke-117 di wilayah Kabupaten Bungo.

Baca juga: Media diajak TNI beri edukasi-imbauan bersama cegah karhutla di Jambi

Baca juga: Danrem 042/Gapu kerahkan patroli gabungan karhutla ke batas Sumsel

Baca juga: Masyarakat Kumpeh Ulu Jambi dan TNI-Polri gelar Sholat Istisqo

Baca juga: Danrem 042/Gapu perintahkan prajurit proaktif cegah karhutla

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023