Beijing (ANTARA) - Perekonomian China akan mempertahankan tren stabil dan positif pada paruh kedua (H2) tahun ini, menyusul pemulihan berkelanjutan pada periode Januari-Juni, kata seorang pejabat pada Jumat (4/8).

Dalam sebuah konferensi pers, Yuan Da, dari Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China, menyoroti perubahan positif dalam berbagai indikator ekonomi untuk Juli seperti pertumbuhan produksi listrik yang lebih cepat, peningkatan ekspektasi pasar, dan kenaikan indeks manajer pembelian manufaktur selama dua bulan.

Gabungan kebijakan pemerintah yang terus diberlakukan akan mendorong peningkatan di sektor ekonomi, menurut Yuan.

China telah mengambil langkah-langkah penting untuk memperluas dan memperkuat kebijakan yang menguntungkan bagi perusahaan tahun ini.

Langkah-langkah ini bervariasi, mulai dari memberikan pemotongan pajak bagi perusahaan kecil hingga pembebasan pajak pembelian untuk kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV), sehingga menciptakan sebuah lingkungan kebijakan yang stabil dan meningkatkan keyakinan bisnis.

Serangkaian kebijakan baru juga diluncurkan, termasuk bantuan pendanaan untuk perusahaan teknologi, insentif untuk konsumsi otomotif dan elektronik, dan langkah-langkah untuk menyokong ekonomi swasta.

Sebagai respons terhadap perubahan ekonomi baru pada kuartal kedua, langkah-langkah lainnya juga akan diberlakukan pada waktu yang tepat untuk memberikan dukungan kebijakan yang kuat bagi pemulihan ekonomi yang berkelanjutan, kata Yuan.

Langkah-langkah ini meliputi menurunkan suku bunga, merangsang konsumsi, merenovasi desa urban (urban village) di berbagai kota, dan memperluas perilisan produk dana investasi real estat di sektor infrastruktur, menurut Yuan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023