Jakarta (ANTARA) - Persija Jakarta naik ke peringkat pertama klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2023/24 seusai menghajar PSS Sleman 3-1 pada pekan ke-6 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat malam.

Pada pertandingan ini Persija Jakarta unggul berkat gol Hanif Sjahbandi, Firza Andika dan Ryo Matsumura, sedangkan PSS Sleman sempat membalas melalui Jonathan Bustos, demikian catatan Liga Indonesia.

Kini Persija Jakarta menghuni posisi pertama klasemen sementara dengan torehan 11 poin dari enam pertandingan, sedangkan PSS Sleman turun ke peringkat 15 dengan raihan enam poin.

Persija pada pertandingan ini mendominasi jalannya laga dengan menguasai 57 persen penguasaan bola dan melepaskan 15 tendangan yang lima di antaranya tepat sasaran.

Pada babak pertama Persija Jakarta langsung mengambil inisiatif menyerang dan mampu unggul pada menit ke-16 berkat gol yang dicetak oleh gelandang Hanif Sjahbandi.

Baca juga: Gol semata wayang Ryo Matsumura antar Persija tundukkan Persebaya

Berawal dari umpan yang dikirimkan oleh Witan Sulaeman, Hanif mampu melepaskan bola ke gawang PSS yang tak mampu dihalau oleh kiper Anthony Pinthus sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Skuad asuhan Thomas Doll mampu menambah keunggulan pada menit ke-24 dan mengubah skor menjadi 2-0 berkat gol yang dicetak oleh Firza Andika. Skor tersebut bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Persija tidak mengendurkan serangan dan berhasil menambah keunggulan pada menit ke-52 melalui gol yang dicetak oleh Ryo Matsumura setelah memanfaatkan umpan Hanif Sjahbandi sehingga skor berubah menjadi 3-0.

Tertinggal tiga gol, PSS keluar menyerang berusaha untuk memperkecil skor, salah satunya melalui sundulan Thales Lira yang masih menyamping dari gawang Persija.

Baca juga: Doll nilai Persija justru kerepotan saat unggul jumlah pemain

PSS berhasil memperkecil ketertinggalan melalui tendangan Jonathan Bustos memanfaatkan umpan Kim Jeffrey Kurniawan sehingga skor berubah menjadi 1-3 pada menit 72.

Bustos hampir mempertipis skor menjadi 2-3, namun sayang tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih membentur mistar gawang Persija yang dijaga oleh kiper Andritany Ardhyasa.

Pada sisa waktu babak kedua, PSS terus berupaya untuk memperkecil ketertinggalan, namun hingga peluit panjang berbunyi, skor 3-1 untuk kemenangan Persija tetap bertahan.

Selanjutnya Persija Jakarta akan menjamu Borneo FC pada pekan ke-7 Liga 1 Indonesia, Rabu (9/8), sedangkan PSS Sleman akan bertandang ke markas Persikabo 1973, sehari sebelumnya.

Baca juga: Rans Nusantara FC bermain imbang tanpa gol kontra PSS Sleman

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023