Terjadi potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konvensi di sejumlah daerah di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di 13 wilayah di Indonesia, Sabtu.

"Terjadi potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konvensi di sejumlah daerah di Indonesia," kata Prakirawan BMKG Danu Bakar di Jakarta.

Wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi berpeluang di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Lampung, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sedangkan prakiraan cuaca di sejumlah kota besar, kata Danu, sebagian berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

Dimulai dari wilayah Sumatera, Kota Tanjungpinang diprediksi cerah berawan, Pekanbaru berkabut, Banda Aceh dan Pangkalpinang akan terjadi hujan dengan intensitas ringan, Medan diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas sedang.

Kota Jambi berpotensi berkabut, Bandar Lampung berawan, Palembang dan Bengkulu diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas ringan. Waspadai hujan dengan intensitas lebat di Kota Padang.

Prakiraan cuaca di Pulau Jawa umumnya cerah dan berawan seperti di Kota Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Kondisi serupa juga diprakirakan terjadi di Bali dan Nusa Tenggara, seperti di Kota Denpasar, Mataram dan Kupang.

Untuk wilayah Kalimantan, Kota Pontianak diprediksi berawan, Palangkaraya dan Banjarmasin berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan, Tanjung Selor dan Samarinda diprediksi berkabut.

Prakiraan cuaca di Pulau Sulawesi seperti Kota Mamuju dan Manado berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan Kota Palu, Makassar, Gorontalo, dan Kendari berpotensi berawan hingga cerah berawan.

Prakiraan cuaca di wilayah Maluku dan Papua seperti di Ternate Manokwari, diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan Ambon diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas sedang, demikian Danu Bakar.

Baca juga: Sejumlah provinsi menghadapi potensi hujan lebat dan angin kencang

Baca juga: Hujan lebat dan angin kencang berpeluang terjadi di sejumlah daerah

Baca juga: Sejumlah wilayah Indonesia berpotensi hujan lebat dan angin kencang

Baca juga: Sejumlah provinsi berpeluang mengalami hujan lebat dan angin kencang

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023