Beijing (ANTARA) - Ekonomi kelautan di China terus mengalami momentum pemulihan kuat pada paruh pertama (H1) tahun 2023, seperti rlis Kementerian Sumber Daya Alam China, Jumat (4/8).

Produk kelautan bruto negara itu tumbuh 6 persen secara tahunan (yoy) menjadi 4,7 triliun yuan dalam enam bulan pertama tahun 2023 atau meningkat dari pertumbuhan 5,1 persen yang dibukukan pada kuartal pertama (Q1) tahun 2023.

Output minyak mentah lepas pantai dan gas alam masing-masing meningkat 5,1 persen dan 7,2 persen dari tahun 2022 pada H1 2023.

Dengan penonaktifan kapal-kapal tua dan pengenalan sejumlah kebijakan pengurangan emisi wajib internasional, permintaan untuk kapal baru melonjak selama periode tersebut, sehingga mendukung kinerja bisnis pembuatan kapal.

Pesanan baru untuk kapal laut yang diterima oleh para produsen kapal China naik 38,1 persen (yoy) pada H1. Para produsen kapal melihat bisnis utama mereka kembali mencetak untung, dengan margin mencapai 4 persen.

Wisata bahari China juga mengalami rebound selama periode tersebut, dengan lalu lintas penumpang laut melonjak 130,5 persen (yoy).

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023